https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 | Zakaria | Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19

Alamsyah Zakaria, Tan Suryani Sollu, Hajra Rasmita Ngemba

Abstract


Penyebaran virus covid 19 yang sangat cepat dan masif telah memaksa pemerintah mengambil banyak kebijakan dengan pertimbangan keselamatan warga negara di atas segalanya, baik itu keselamatan dari sisi life saving hingga economic saving. Salah satu sektor yang terdampak akibat covid 19 adalah pendidikan. Perubahan kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran covid 19 dengan menutup sekolah-sekolah di daerah. Dampak ini menyebabkan siswa tidak dapat melakukan tatap muka secara langsung dengan guru dan melakukan kegiatan aktivitas di sekolah. Guru sebagai ujung tombak terdepan dalam perubahan di masa pandemi 19 terus berinovasi dalam pengembangan teknologi dalam memberikan informasi kepada peserta didik. Bentuk pengembangan teknologi yang dapat dilakukan oleh guru dimasa pandemi adalah pengumpulan tugas siswa melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google form. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembelajaran online menggunakan aplikasi google form. Mitra pengabdian masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pelatihan adalah kelompok guru SD Negeri Tondo. Adapun metode yang diterapkan dalam kegiatan ini meliputi wawancara, ceramah, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD Negeri Tondo berjalan dengan lancar. Tingkat kepuasan peserta dalam mengikuti pelatihan  yang menyatakan pusa sebesar 97,5%. Sedangkan yang menyatakan belum puas sebesar 2,5%. Peserta yang menyatakan tidak puas disebabkan kemampuan peserta yang belum menguasai menggunakan komputer. Kegiatan pelatihan ini menjadi penting dalam meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran online.


Keywords


covid 19; e-learning; google form.

Full Text:

PDF

References


Annisa’ Ni’ma Savira, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z., dan Muhammad Eko S., 2018. Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M, vol. 1, no. 1. Dong Y, Mo X, Hu Y., 2020, Epidemiology of Covid-19 Among Children in China. American Academy of Pediatrics, DOI: 10.1542/peds.2020-0702. Fansuri Septiawan, 2020. Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 7, no. 2, hal. 129-135. Hadiwardoyo, W., 2020, Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19, Journal of Business & Entrepreneurship, vol 2, no. 2, hal. 83-92. Henndy Ginting, 2020. Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19. Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19 – Seri 14. (Online) Tersedia : https://Covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/perubahan-perilaku-sebagai-respon-terhadap-wabah-Covid-19 (Diakses : 21 Januari 2021) La Ndia, Rahmat, Desy Liliani Husain, Nurul Atma, Aminah Maulidah, Era Maryanti., 2021. Pelatihan Penggunaan Zoho Forms Dan Google Forms Pada Guru-Guru Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Amal Ilmiah, vol 2, no. 2, hal. 113-118. Moh. Saifulloh, Zainul Muhibbin, dan Hermanto, 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, vol. 5, no.2, hal. 1-13. Muhammad Aswin Rangkuti, Imelda Free Unita Manurung, Nelson Tarigan, dan Deo Demonta, 2019. Pendampingan Guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia. Jurnal Publikasi Pendidikan, vol. 9, no 3, hal. 232-239 Muhammad Ridwan Kalu, Amram Rede dan H. Asep Mahpudz, 2016. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, volume 5, no. 3, hal. 85-94. Panggabean, Irfandi, Mukti Hamjah Harahap, Dedy Husrizal Syah, Rumidjan, Sumanto, Sukamti, dan Sri Sugiharti, 2017. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, vol. 1, no. 1, hal. 77-81. Rumidjan, Sumanto, Sukamti, dan Sri Sugiharti, 2017. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, vol. 1, no. 1, hal. 77-81. Seli Marlina Radja Leba, Dian Mayasari, Ranta Butarbutar., 2020. Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pengamas, vol.3, no.2, hal. 169-173. Sukardi dan Fahrur Rozi, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, vol. 4, no. 2, hal. 97-102 Wahyu A. F Dewi, 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, hal. 1-7. Zahrotunni’mah, 2020. Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I, vol. 7, no. 3, hal. 247-260. Zainal Abidin, Rumansyah, dan Kurniawan Arizona, 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no 1, hal. 64 – 70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.