PENGINTEGRASIAN SOFT SKILL DALAM PEMBELAJARAN INTEGRATING SOFT SKILL IN LEARNING AND TEACHING
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk melatih dan mengembangkan kemampuan Dosen Yayasan dalam pengintegrasikan Soft Skill dalam pembelajaran matakuliah yang dibin a di FKIP Universitas Muhammadiyah Palu. Sejumlah tahapan dan kegiatan telah dilakukan, yaitu: Presentasi, Kerja Kelompok, Pendampingan Terbimbing, dan Evaluasi. Hasil pelaksanaan PkM menunjukkan bahwa dalam proses pendampingan, keterlibatan Dosen Yayasan dalam kegiatan terlihat aktif dan kontributif. Hal ini dibuktikan dengan capaian rata-rata skor penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan) oleh Dosen Yayasan dalam kategori Baik atau 4,35 dalam rentang 1–5. Selain itu, Dosen Yayasan memberikan respon sangat baik terhadap angket yang diberikan terkait dengan materi, metode, tahapan, dan relevansi kegaiatan PkM. Dengan kata lain, Dosen Yayasan telah mampu menyusun dan mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Soft Skill ke dalam pembelajaran atau perkuliahan di FKIP Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords
Integrasi, Soft Skill, Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Dean, S. A, (2017). Soft Skills Needed for the 21st Century Workforce. Walden: Walden University. Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching (5th ed.). Harlow: Pearson. Hendarmana, A. F., & Tjakraatmadjab, J. H. (2012). Relationship among Soft Skills, Hard Skills, and Innovativeness of Knowledge Workers in the Knowledge Economy Era. Social and Behavioral Scince, 52(2), 45–44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.