https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi | Nuraeni | Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi

Ida Nuraeni, Yunidar Yunidar, Asrianti Asrianti, Arum Pujiningtyas

Abstract


Kompetensi menyusun soal berbasis HOTS merupakan kompetensi yang diperlukan oleh guru dalam pembelajaran di era industri 4.0 guna menyiapkan peserta didik agar memiliki  kompetensi 4C, yaitu critical, communicative, collaborative, and creative. Kompetensi guru dalam menyusun soal berbasis HOTS perlu dikembangkan secara terarah melalui proses pendampingan. Pendampingan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengetahuan kepada guru tentang evaluasi hasil belajar atau asesmen, (2) memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru tentang Higher Order Thinking Skills, dan (3) melatih guru-guru  tentang  pembuatan  soal  ulangan  Higher  Order  Thinking  Skills  yang  dapat mengembangkan daya berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah metode diskusi informasi, latihan, dan penugasan. Hasil kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa guru dapat menyusun soal berbasis HOTS sesuai dengan prosedur penyusunan soal. Hasil pengabdian  menunjukkan bahwa guru SMP mata pelajaran bahasa Indonesia telah menyusun soal berbasis HOTS menggunakan KKO untuk level C4, C5, dan C6.

 


Keywords


soal berbasis HOTS; literasi

Full Text:

PDF

References


Armiati, Muhammad Subhan, Minora Longgom Nasution, Saddam Al Aziz, Maulani Meutia Rani, Ronal Rifandi, Yulyanti Harisman. 2020. “Profesionalisme Guru dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills” dalam JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 4, No. 1, Maret 2020. Tersedia: DOI: 10.33603/jnpm.v4i1.2587. diunduh 17 Desember 2020 Awaliyah, S. 2018. “Penyusunan Soal Hots Bagi Guru PPKn dan IPS Sekolah Menengah Pertama” dalam Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial vol. 1 No, 1 April Tahun 2018. Tersedia: DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p48-55. Diunduh 12 Desember 2020. Fanani, MZ. 2020. Strategi Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Order” dalam Kurikulum 2013. Tersedia: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/download/582/455. Diunduh: 17 Desember 2020. Janssen, E. M., Meulendijks, W., Mainhard, T., Verkoeijen, P. P. J. L., Heijltjes, A. E. G., van Peppen, L. M., & van Gog, T. 2019. "Identifying Characteristics Associated with Higher Education Teachers’ Cognitive Reflection Test Performance and Their Attitudes Towards Teaching Critical Thinking". Teaching and Teacher Education, 84, 139–149. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.008. Liariyanah, S. 2018. Studi Deskriptif Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) (Survei Pada Guru Ekonomi SMA Negeri di Kota Bandung). Tersedia: http://repository.upi.edu/43789/ diunduh: 17 Desember 2020. Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. 2017. Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on Students’ Learning of Linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004 Sasson, I., Yehuda, I., & Malkinson, N. 2018. "Fostering The Skills Of Critical Thinking And Question-Posing In A Project-Based Learning Environment" dalam Jurnal, Thinking Skills and Creativity, 29, 203–212. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.08.001. Purwasih, JHG. 2020. “Kendala Calon Pendidik Dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Higher Order Thinking (Hot)” dalam Jurnal Sosial Humaniora (JSH) vol. 13 Ed 1 tahun 2020. Hlm: 12-22 tersedia: DOI: 10.12962/j24433527.v13i1.6746. diunduh 10 Desember 2020 Salam, MS. 2020. Penyusunan Soal Hots Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kota Tulungagung. Tersedia: http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/download/4378/3906. Diunduh 12 Desember 2020 Sitiatava, RP. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta : Diva Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.