PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, PENERAPAN KODE ETIK DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP KUALITAS AUDIT (Survey Pada Auditor Di Kantor Inspektorat: Kota Palu, Kabupaten Sigi Dan Kabupaten Donggala)

Nur Alif, Jamaluddin Jamaluddin, Supriadi Laupe

Abstract


This study aims to determine and analyze the effect of Auditor Experience, Application of Code of Ethics And Time Budget Pressure to audit quality at Inspectorate Offices: Palu City, Sigi Regency and Donggala Regency. This type of research is survey research, using sampling technique of cencus method. The data were collected with distributing questionnaries to 45 auditors who working at the Inspectorate Office:Palu City, Sigi Regency and Donggala Regency. Primary data obtained from the responses of respondens through the spread of questionnaries and observation. The analysis tool used is multiple linear regression analysis. The results of this study shows that partialy affected the auditors experience has a positive and significant effect to audit quality. The application of code of ethics has a positive and significant effect to audit quality and time budget has a positive and significant effect to audit quality

Keywords


Auditor Experience; Application of Code of Ethics; Time Budget Pressure; Audit Quality

Full Text:

PDF

References


Ananda, Dwi Rizki Pasca. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya. Volume 6. Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta

Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta

Burton. 2008. Hukum Pajak. Jakarta: Salemba Empat

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Cresswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: BP Undip.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi Ketujuh. Semarang: BP Undip

Ilyas Wirawan B. Richard Burton, 2008. Hukum Pajak. Jakarta: Salemba Empat

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisni: Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 22.0. Bandung: Alfabet

Lovihan, Siska. (2012). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Kualitas Layanan terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Orang Pribadi di Kota Tomohon. Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya. Volume 5. Nomor 1.

Mangonting, Yenni., dan Arabella Oentari Fuadi. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Biaya Kepatuhan Pajak tehadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax Accounting Review Vol. 1 No. 1, Universitas Kristen Petra. Volume 1.  Nomor 1

Mardiasmo. 2011. Perpajakan (Edisi Revisi 2011). Yogyakarta: Andi Offset

Mustofa, F.A. (2016). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Tarif Pajak dan Asas Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada wajib pajak UMKM yang berada di Wilayah KPP Pratama Batu setelah diberlakukannya PP Nomor 46 Tahun 2013). Vol 8 No 1. Universitas Brawijaya

Mustafa. 2007. Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Friedenberg.

Ningsih. 2016. Pengaruh Penerapan Sanksi Perpajakan dan Profesionalisme Account Representative (AR) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada KPP Pratama Kota Bandung)

Nurhakim, Tifani dan Pratomo, Dudi. 2015. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Pada KPP Pratama Tasikmalaya)”.

Nurmantu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan. ed.3. Jakarta : Granit.

Palda, Filip dan Jan Hanousek. 2002. Quality of Government Services and the Civic Duty to Pay Taxes in the Czech and Slovak Republics, and other Transition Countries.

Prajogo, Nidya Josephine. 2013. Pengaruh Tingkat Pemahaman Peraturan Pajak Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak dan Persepsi Atas Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Wilayah Sidoarjo. Volume 3 Nomor 2.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Resmi, Siti. (2016). Perpajakan: Teori dan Kasus Edisi Kedelapan Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat

Riyanti, Sukmo. 2013. Pengaruh sosialisasi perpajakan, Kualitas pelayanan fiskus dan sanksi perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Tekun. Volume IV. Nomor 1. Maret 2013. Halaman 158-168

Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sasmita, Sentya N Arum. (2015). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik Usaha Kecil Menengah dalam Laporan Kewajiban Perpajakan di Semarang (Studi UMKM di Semarang). Jurnal Akuntansi, Universitas Brawijaya. Volume 1 Nomor 1.

Sholichah, Mu’minatus dan Istiqomah. 2005. Perilaku Wajib Pajak terhadap Tingkat Keberhasilan Penerimaan PBB di Kabupaten Gresik. Jurnal Logos. Vol 3 No. 1 Juli 2005, hal 62-75

Soemitro, Rochmat. 2010. Asas dan Dasar Perpajakan 1 Edisi Revisi. Bandung: Refika Editama.

Sudjana, Nana. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Enam. Bandung: Alfabeta

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Delapan Belas. Bandung: Alfabeta

________. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Delapan Belas. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Reflika Aditama

Supadmi, Ni Luh. 2009. “Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan”. Jurnal Akuntansi dan bisnis, Universitas Udayana Vol.4, No.2. Hal.1-14

Syahril, Farid. 2013. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Kota Solok. Volume 1 Nomor 2.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Widodo, Widi dkk. (2010). Moralitas, Budaya dan Kepatuhan Pajak. Bandung: ALFABETA

Winerungan, Oktaviane L. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP Di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal Emba. Volume 1 Nomor 3. September 2013. Halaman 960-970

Wahyuningsih, Tri. 2016. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Tarif Pajak, Mekanisme Pembayaran Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Bidang Mebel di Surakarta.

www.pajak.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.