Perbedaan Tingkat Kepuasan Makan Pasien Di Rumah Sakit Bersertifikat Halal Dengan yang Belum Bersertifikat Halal

Arina Zulfa Azizah, Joyeti Darni, Amilia Yuni Damayanti, Mira Dian Naufalani

Abstract


Latar Belakang: Kepuasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk keragaman produk, kualitas produk, kualitas layanan, fasilitas yang memuaskan, lokasi, harga dan label halal. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan kepuasan makan pasien di rumah sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat halal. Metode: Metode penelitian termasuk studi komparatif dengan sampel independen menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan pada 134 responden (67 responden di Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan 67 responden di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah). Penelitian dilakukan pada target sempel yaitu semua pasien yang menjalani perawatan di ruang perawatan Kelas II dan III. Analisis menggunakan uji Mann Whitney. Penilaian kepuasan pasien dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil: Tingkat kepuasan pasien dalam penyelenggaraan makanan di Hospital Certified Halal (HCH), menunjukkan 50,7% responden  puas dan 49,3% responden merasa sangat puas sedangkan pada penyelenggaraan makanan di Non Certified Hospital (NCH) 100 % responden puas dengan penyelenggaraan makananan di NCH. Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kepuasan makan pasien di rumah sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat halal  halal be p-value <0,005.


Keywords


kepuasan makan pasien, sertifikat halal rumah sakit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS


Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan Indexed by:

   

 

Visitor Statistic

View My Stats

Creative Commons License
Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.