Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica) Sebagai Biosorben Logam Merkuri (Hg)

Musafira Musafira, Mohammad Mirzan, Wiwid Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu setimbang, pH optimum, kapasitas adsorpsi kulit pisang Kepok terhadap logam merkuri. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 variasi waktu kontak, pH dan konsentrasi merkuri berturut-turut yaitu 10, 20, 30, 40, 50, 60 menit ; 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 ; 10, 20, 30, 40, 50 dan 60 ppm. Setiap perlakuan diulang sebanyak dua kali. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa waktu setimbang proses adsorpsi dicapai pada waktu 30 menit dengan persentase penjerapan sebesar 99,89 % dan kapasitas penyerapan sebesar 29,96 mg/g, pH optimum pada pH 5 dengan persentase penjerapan sebesar 99,70 % dan kapasitas penyerapan sebesar 29,91 mg/g. Kapasitas adsorpsi (qmaks) dari merkuri sebesar 59,55 mg/g dengan persentase penyerapan sebesar 99,25 %, pada konsentrasi merkuri sebesar 60 ppm.


Keywords


kapasitas adsorpsi, kulit pisang kepok, merkuri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology indexed by

   

   

 

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Lisensi Creative Commons Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License..

e-ISSN : 2541-1969 | p-ISSN : 2338-0950 | Natural Science: Journal of Science and Technology