Retensi Likopen Buah Tomat (Licopersicum pyriforme) Pada Pengolahan Dan Penyimpanan Mie Instan Fungsional

Yovita Yovita, Ni Ketut Sumarni, Mappiratu Mappiratu

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang retensi likopen buah tomat (Lycopersicum pyriforme) pada pengolahan dan penyimpanan mie instan fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan likopen pada pengolahan mie instan dan untuk mengetahui retensi likopen selama penyimpanan mie instan serta untuk mengetahui masa kadaluarsa mie instan pada suhu ruang. Pendugaan umur simpan atau masa kadaluarsa menggunakan model kinetika reaksi. Perlakuan penelitian meliputi tahap pemisahan likopen dari buah tomat, pengolahan mie instan, dan penyimpanan mie instan pada suhu ruang. Analisis likopen pada mie instan dilakukan setiap 7 hari selama 56 hari menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 470 nm. Data yang diperoleh digunakan untuk menentukan masa kadaluarsa mie instan. Hasil yang diperoleh menunjukkan tingkat kerusakan likopen selama pengolahan mie instan adalah 1,358%, retensi likopen pada hari ke-0 adalah 98,642% dan pada hari ke-56 adalah 35,859% serta masa kadaluarsa mie instan fungsional adalah 72 hari.

Keywords


Likopen, Mie fungsional, Retens likopen, Umur simpan, Model kinetika reaksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology indexed by

   

   

 

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Lisensi Creative Commons Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License..

e-ISSN : 2541-1969 | p-ISSN : 2338-0950 | Natural Science: Journal of Science and Technology