Kerapatan Rotan “TAIMANU” (Korthalsia celebica Becc.) di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi tengah

Fanny Inayanti, Moh. Iqbal, Ramadanil Ramadanil

Abstract


Penelitian berjudul Kerapatan rotan “Taimanu” ( Korthalsia celebica Becc.) di Ngata Toro Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah telah dilaksanakan dari bulan Juli sampai September 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kerapatan populasi K. celebica Becc. di Ngata Toro Kecamatan KulawiKabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan membuat sebanyak 7 buah transek yang berukuran 50 x10 m beserta plot kecil 10 x 10 m di dalamnya. Hasilnya menunjukkan kerapatan tertinggi untuk tingkat dewasa, terdapat pada transek ketiga dengan nilai kerapatan 380 dan kerapatan relatif 27,9%, sedangkan kerapatan terendah terdapat pada transek keenam dengan nilai kerapatan 40 dan kerapatan relatif 2,9%. Kerapatan tertinggi untuk tingkat anakan, terdapat pada transek ketiga dengan nilai kerapatan 280 dan kerapatan relatif 35,8%, sedangkan kerapatan terendah terdapat pada transek kedua dan empat dengan nilai kerapatan 140 dan kerapatan relatif 17,9%.


Keywords


Korthalsia celebica Becc.; Kerapatan; Ngata Toro

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology indexed by

   

   

 

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Lisensi Creative Commons Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License..

e-ISSN : 2541-1969 | p-ISSN : 2338-0950 | Natural Science: Journal of Science and Technology