Karakterisasi Selulase Asal Bakteri Tanah Danau Kalimpa’a Sulawesi Tengah

Marina Marina, Orryani Lambui, I Nengah Suwastika

Abstract


Selulase adalah enzim yang dapat dihasilkan oleh bakteri selulolitik, memiliki kemampuan dalam menguraikan selulosa menjadi monomer yang lebih sederhana di alam. Danau Kalimpa’a yang merupakan kawasan Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah memiliki produktivitas seresah yang tinggi, sehingga sangat bergantung pada keberadaan mikroorganisme tanah termasuk bakteri selulolitik sebagai dekomposer. Pada penelitian ini telah dilakukan isolasi dan karakterisasi enzim endogenous. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskripsi aktivitas enzim dipaparkan secara kuantitatif. Karakterisasi selulase ditentukan dengan menguji aktivitas enzim pada variasi suhu (30°C, 40°C, dan 50°C) dan variasi pH (5.0; 6.0; 7.0; dan 8.0). Hasil isolasi bakteri diperoleh 5 isolat terbaik (K1, K2, K3, K4 dan K5) yang memiliki kemampuan dalam mendegradasi selulosa. Secara kualitatif, isolat K4 dapat mendegradasi selulosa lebih cepat dibanding isolat lain berdasarkan pembentukan zona bening dengan Indeks Aktivitas Selulase (IAS) sebesar 3,88 mm. Secara kuantitatif, aktivitas selulase ditentukan berdasarkan kadar gula reduksi yang dihasilkan menggunakan metode DNS (Di Nitro Salisilic Acid). Isolat K2 mampu menghasilkan enzim dengan aktivitas selulase tertinggi yaitu 0,30 U/ml dan aktivitas selulase terendah dihasilkan oleh isolat K1 yaitu 0,001 U/ml. Suhu dan pH optimum selulase adalah 40°C dan pH 6, yang menghasilkan aktivitas enzim sebesr 0,279 U/ml.

Keywords


Bakteri selulolitik, Selulase, CMC, DNS, Aktivitas enzim

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology indexed by

   

   

 

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Lisensi Creative Commons Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License..

e-ISSN : 2541-1969 | p-ISSN : 2338-0950 | Natural Science: Journal of Science and Technology