PELAYANAN LANGUSNG DAN PELAYANAN TIDAK LANGSUNG DALAM PEKERJAAN SOSIAL
Abstract
Pekerja sosial dituntut keterampilan dalam mengenal sifat klien,
situasi sekitar, komunikasi klien dengan masyarakat sekitar dan
tingkah laku kliennya. Disamping itu pekerja sosial harus
mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memahami interaksi
antara klien dengan lingkungannya, lingkungan keluarga dan
lingkungan masyarakat secara timbal balik, ini merupakan pelayanan
langsung dalam pekerjaan sosial.
Proses perubahan/perbaikan suatu organisasi tentunya sesuai aturan
seperti : perencanaan, konsultasi, pendidikan dan pengembangan
organisasi. Kegiatan seperti itu dianggap berhubungan erat dengan
pelayanan tidak langsung, hal tersebut ditinjau dari segi peranan
membantu orang yang membutuhkan dimana secara tidak langsung
dirasakan oleh klien melalui lembaga. Para pekerjan sosial sangat
penting memahami perubahan dan perkembangan perilaku individu
dan kelompok dalam proses interaksi sosial.
Kata Kunci :Pelayanan, pekerjaan sosial
situasi sekitar, komunikasi klien dengan masyarakat sekitar dan
tingkah laku kliennya. Disamping itu pekerja sosial harus
mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memahami interaksi
antara klien dengan lingkungannya, lingkungan keluarga dan
lingkungan masyarakat secara timbal balik, ini merupakan pelayanan
langsung dalam pekerjaan sosial.
Proses perubahan/perbaikan suatu organisasi tentunya sesuai aturan
seperti : perencanaan, konsultasi, pendidikan dan pengembangan
organisasi. Kegiatan seperti itu dianggap berhubungan erat dengan
pelayanan tidak langsung, hal tersebut ditinjau dari segi peranan
membantu orang yang membutuhkan dimana secara tidak langsung
dirasakan oleh klien melalui lembaga. Para pekerjan sosial sangat
penting memahami perubahan dan perkembangan perilaku individu
dan kelompok dalam proses interaksi sosial.
Kata Kunci :Pelayanan, pekerjaan sosial
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.