KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR (Studi Kasus Pelayanan Jasa Penumpang)

Muhammad Arief

Abstract


Hasil analisa data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
publik pada Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar
belum maksimal, dimana penilaian negatif dari penumpang lebih
dominan dari penilaian positifnya.Penilaian positif berupa tampilan
fisik bandara baik dari interior maupun eksterior, penampilan
petugas, kesejukan dan kapasitas terminal serta kecukupan jumlah
trolley. Begitupun dari kualitas pelayanan dalam bidang
keterampilan petugas, kemudahan mendapatkan informasi, kecepatan
dalam pelayanan pemeriksaan keamanan serta check in dankejelasan
mengenai prosedur pelayanan. Penilaian negatif berupapenggunaan
bandara sebagai sarana promosi dan pemasangan iklan, kehandalan
sarana dan prasarana pendukung fasilitas pelayananpublik seperti
toilet, perparkiran, dan arus lalu lintas belum memenuhi standar
pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas dalam menangani
masalah yang dihadapi penumpang, kemudahan mendapatkan
informasi, layanan bus bandara dan pelayanan non formal yakni calo
dan angkutan liar di bandara.
Kata Kunci: Pelayanan Publik Bandara Internasional Hasanuddin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.