https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengembangan Model Konseling Kelompok Melalui Teknik Asertif Training untuk Mengentaskan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester | Ratu & Nurwahyuni | Tri Sentra Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengembangan Model Konseling Kelompok Melalui Teknik Asertif Training untuk Mengentaskan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester

Bau Ratu & Nurwahyuni

Abstract


Kecemasan merupakan suatu keadaan emosi yang tidak menyenangkan yang ditandai dengan perasaan tegang secara subjektif, keprihatinan, dan kekhawatiran disertai dengan getaran susunan syaraf otonom dengan derajat yang berbeda-beda. Beberapa faktor pemicu timbulnya kecemasan pada siswa di sekolah; (1) faktor kurikulum, (2) faktor Dosen, (3) faktor manajemen, (4) faktor masa depan, dan (5) faktor persaingan.Mengingat kecemasan yang di alami oleh mahasiswa sangat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar, maka perlu ada upaya-upaya tertentu untuk mengentaskan kecemasan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester, (2) menemukan model yang efektif untuk membantu mengentaskan kecemasan mahasiswa, (3) mengetahui tingkat keefektifan model konseling melalui teknik asertif training untuk membantu mengentaskan kecemasan mahasiswa. Metode penelitian ini mengunakan penelitian dan pengembangan (research and development).Produk yang dimaksud adalah model konseling kelompok melalui asertif traing efektif untuk membantu mengentaskan kecemasan mahasiswa. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan model hipotetik, (4) penelaan model hipotetik, (5) revisi, (6) uji coba terbatas. Penelitian ini mengunakan metode mixed methode design sequence. Pada tataran teknis dilakukan sebagai berikut: metode analisis deskriptif, metode partisipatif kolaboratif, dan metode pre eksperimen design. Hasil akhir penelitian ini adalah model konseling kelompok dengan teknik asertif training efektif untuk membantu mengentaskan kecemasan siswa terbukti dari nilai uji Z sebesar -2.371 dengan nilai signifikan 0.018. hal ini dapat dilihat dari nilai sig < 0.05 artinya hasil akhir penelitian menunjukan bahwa intensitas menurun tingkat kecemasan siswa, berbeda secara nyata sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik asertif training.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.