PROTECTION OF TEACHER PROFESSION ENCOUNTERED WITH THE RULE OF CRIMINAL LAW ON CHILD PROTECTION

Oksidelfa Yanto, Muhamad Iqbal

Abstract


The purpose of this research is in order to know the legal protection to the profession of teacher who perform disciplinary punishment of learners during the teaching and learning process. In addition, this is also to know the legal protection against learners from acts of violence that occurred in the educational environment. The method applied is a normative legal research method that focuses on legal norms and some research results relevant to the existing problems. The result of research showed in the disciplinary effort for the students there is a pattern of relationship between teachers with learners. The relationship is sometimes confronted with child protection regulations that confront the teacher on existing legal processes, although the teaching profession in carrying out its educational activities is protected by law. The conclusion of this research is the enforcement of discipline by teachers to learners often does not mean anything when encountered with other regulations, namely law of child protection. It certainly raises concerns for educator professions in their efforts to enforce disciplinary rules when encountered with the context of learners who cannot be directed by way of advice.

 


Keywords


Criminal Law; Protection, Teacher Profession

Full Text:

PDF

References


Bibliography Books Amrizal Siagian, (2015), Pengantar Studi Kriminologi Perkembangan Pemikiran dan Teori Kriminologi, Jakarta: UIN Press. Anas Baidowi, Guru Dipolisikan Karena Cubit Siswinya Saat Main HP, Berita Center, 30 Movember 2017, diakses 4 Juni 2018. Coni Semiawan, (1996), Praktek Pendidikan Sekolah Menghadapi Tantangan Masa Depan, Dalam Nalar dan Naluri 70 Tahun Daoed Joesoef, Jakarta: Centre for Strategic and International Studies. Djemari Mardapi, (2012), Strategi Meningkatkan Profesionalisme Guru, Yogyakarta: Diva Press,. Dedi Supriyadi (1999), Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Etty R. Agoes, (2013), Peran Hukum Dalam Pembangunan di Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya. Idris Rachminawati, et al, (2012), Penemuan Hukum Nasional dan Internasional, Bandung: Fikahati Aneska. Moh. Uzer Usma, Menjadi Guru Profesional, (1992), Bandung: Remaja Rosdakarya. M. Ali Zaidan, Pidana Denda: Perspektif Kebijakan Kriminal, Proceedings, Munasena Mahupiki, Surakarta 8-9, Tahun 2013. Muchlas Samami, et al., (2012), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya. Nandang Sambes, (2010), Pembaharuan Sistem Pemidanaan Anak di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu, Yogyakarta. OksidelfaYanto, (2014), Meneropong Indonesia Pasca Reformasi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan. Suratman, et al, (2014), Metode Penelitian Hukum, Bandung: Alfabeta. Supardi, Kinerja Guru, (2014), Jakarta: Raja Grafindo. Sarwono, et al, Teori-Teori Psikologi Sosial, (2010), Jakarta: Rajawali Press. Syamsir Alam Nasution, (2009), Guru Versus Perlindungan Anak, Medan: Mingguan Pilar Indonesia. Soetarlinah Sukadji, (2000), Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah, Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Regulation Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Undang-UndangPerlindunganAnak No. 35 tahun 2014. Journal / Magazine / Proceeding Alinurdin, et al, Pengaruh Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 1, Maret Tahun 2016. ................., et al, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Demonstrasi dan Metode Diskusi, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2, September Tahun 2017. Anas Baidowi, Guru Dipolisikan Karena Cubit Siswinya Saat Main HP, Berita Center, 30 Movember 2017, diakses 4 Juni 2018. ......................., Nilai-Nilai Dasar Sukma Bangsa, Sukma Jurnal Pendidikan, Vol. 1, Issue 1, Jan-Jun Tahun 2017. Aden Prawiro Sudarso, Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Mulia Buana Bogor, Jurnal Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, Vol. 1, No. 2, Desember Tahun 2017. Achmad Muchaddam Fahham, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Afeksi Di Kota Yogyakarta, Jurnal Aspirasi, Vol. 3, No. 1, Juni Tahun 2012. Berita Center Nunuk Sri Murbaetty, Penggunaan Strategi Pembejalaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Metode Pekerjaan Sosial, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 1, Maret Tahun 2016. Elga Andina, Tawuran dalam Tinjauan Gangguang Kejiwaan, Jurnal Aspirasi, Vol. 3, No. 1,JuniTahun 2012. Endang Komara, Perlindungan Profesi Guru di Indonesia, Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan,Vol. 1, No 2, September Tahun 2016. Faridah Alawiyah, Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia, Jurnal Aspirasi, Vol. 3, No. 1, Juni Tahun 2012. Heri Hartano, Hakim Komisaris Sebagai Upaya Menjaga Pemenuhan Hak-Hak Tersangka,Proceedings Munasena Mahupiki, Surakarta 8-10, September Tahun 2013. Ichwani Siti Utami, Nilai-Nilai Multikultural Dalam Membentuk Sikap Toleransi Peserta Didik,Jurnal Pendidikan Kewarganeraan, Vol. 5, No. 1, Maret Tahun 2017. Khoiruddin Bashori, Menyemai Perilaku Prososial Di Sekolah, Sukma Jurnal Pendidikan, Vol. 1, Issue 1, Jan-Jun Tahun 2017. Miftachul Chusnah, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri “X” Jakarta, Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol. 4, No. 2, Desember Tahun 2013. Utami Munandar, Analisis dan Evaluasi Hukum Tertulis tentang Silabus Pendidikan Hukum di dalam Kurikulum SD dalam Rangka Menumbuhkan Kesadaran Hukum Masyarakat Sedini Mungkin, Majalah Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Kehakiman. Jakarta, Tahun 1995. Widya Gustia Wardani, Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis, EDUKA, Vol. 2, No, IV, Juli Tahun 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tadulako Law Review

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

statcounter

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.