Dampak Kendaraan Parkir di Badan Jalan Pada Karakteristik Arus Lalu Lintas Jalan Arteri (Studi Kasus: Jl. Trans Sulawesi Kota Palu)

Mashuri Mashuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kendaraan yang parkir di badan jalan terhadap karaktreristik arus lalu lintas di ruas jalan arteri dengan studi kasus Jalan Trans Sulawesi Kota Palu, Sulawesi Tengah. Data telah dikumpulkan dengan survei lalu lintas berupa survei arus lalu-lintas dan survei waktu tempuh kendaraan. Skenario penelitian ini adalah membagi dua bagian ruas jalan menjadi dua segmen. Segmen pertama adalah segmen jalan dengan kondisi jalan tanpa adanya kendaraan parkir di badan jalan. Segmen kedua adalah bagian segmen jalan dengan kondisi terdapat satu kendaraan parkir di atas badan jalan. Analisa pengaruh kendaraan parkir pada karakteristik arus lalu lintas dilakukan dengan membandingkan antara karakteristik arus lalu lintas kedua kondisi tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh satu kendaraan yang parkir di badan jalan terhadap karakteristik kecepatan dan karakteristik volume lalu lintas pada tingkat signifikansi 95%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Print):1693-0460