HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEMBASADA KABUPATEN DONGGALA
Abstract
ABSTRAK
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang mendorong manusia untuk senantiasa menjaga kesehatannya. Organisasi penyedia layanan kesehatan seperti Puskesmas merupakan wujud penyediaan sumber daya di bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Jumlah sampel rawat jalan sebanyak 95 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi square, pada taraf kepercayaan 95% (ρ < 0,05). Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan kualitas pelayanan akses (keterjangkauan) dengan kepuasan pasien (ρ = 0,057), ada hubungan kualitas pelayanan kompetensi teknis dengan kepuasan pasien (ρ = 0,005), ada hubungan kualitas pelayanan ketepatan waktu dengan kepuasan pasien (ρ = 0,004), ada hubungan kualitas pelayanan hubungan antar manusia dengan kepuasan pasien (ρ = 0,002). Disarankan pada pihak manajemen Puskesmas untuk selalu memantau dan menganalisis setiap keluhan dan harapan pasien yang berkaitan dengan mutu layanan kesehatan di Puskesmas tersebut.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat by FKM UNTAD is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif.
Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat Indexed By :