HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEMBASADA KABUPATEN DONGGALA

Herman Herman, Sudirman Sudirman, Nizmayanun Nizmayanun

Abstract


ABSTRAK

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar  yang mendorong  manusia untuk senantiasa  menjaga kesehatannya. Organisasi penyedia layanan kesehatan seperti Puskesmas merupakan wujud penyediaan sumber daya di bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan  rancangan  cross sectional study. Jumlah  sampel rawat jalan sebanyak 95 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi square, pada taraf  kepercayaan 95% (ρ < 0,05). Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan kualitas pelayanan akses (keterjangkauan) dengan kepuasan pasien (ρ = 0,057), ada hubungan kualitas pelayanan kompetensi teknis dengan kepuasan pasien (ρ = 0,005), ada hubungan kualitas pelayanan ketepatan waktu dengan kepuasan pasien (ρ = 0,004), ada hubungan kualitas pelayanan hubungan antar manusia dengan kepuasan pasien (ρ = 0,002). Disarankan pada pihak manajemen Puskesmas untuk selalu memantau dan menganalisis setiap keluhan dan harapan pasien yang berkaitan dengan mutu layanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat by FKM UNTAD is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif.

 

Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat Indexed By :

 

 


 

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats