EFEKTIVITAS PROGRAM KAMPANYE EDUKASI “AKU BANGGA AKU TAHU” TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/ AIDS PADA SISWA-SISWI SMA NEGERI 5 PALU

Lusia Salmawati, Rasyika Nurul, Mohammad Reza

Abstract


ABSTRAK

Epidemi AIDS menyebar sangat cepat dan melanda seluruh dunia. Perkembangan kasus HIV/ AIDS terus mengalami peningkatan setiap tahun dan paling banyak terjadi pada kelompok umur 20-29 tahun. Kasus HIV/ AIDS di dunia diperkirakan sekitar 42.400.000, Indonesia 29.037, Sulawesi Tengah 61 dan Kota Palu 29. Oleh karena itu, diadakan program Kampanye Edukasi Aku Bangga Aku Tahu (ABAT) untuk menanggulangi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program kampanye edukasi ABAT dalam merubah perilaku pencegahan siswa-siswi SMA Negeri 5 Palu tentang HIV/ AIDS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Sampel kelas kontrol dan sampel kelas eksperimen adalah siswa-siswi SMA Negeri 5 Palu yang berasal dari kelas X dan XI. Jumlah sampel yaitu 84 orang  yang terdiri 42 sampel kelas kontrol dan 42 sampel kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling. Data diuji dengan uji-T berpasangan dengan tingkat kepercayaan 90%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa-siswi SMA Negeri 5 palu tentang HIV/ AIDS sebelum dan sesudah kampanye edukasi ABAT (p<0,1). Diharapkan kepada instansi untuk melakukan upgrading media dan metode yang ada untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kata Kunci: HIV/ AIDS, ABAT, Perilaku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat by FKM UNTAD is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif.

 

Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat Indexed By :

 

 


 

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats