PENGARUH DAYA LEDAK LENGAN, KESEIMBANGAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU
Abstract
Penyebabkan tidak optimalnya proses hasil tolakan antara lain adalah: cara mengambil awalan yang kurang tepat akan mengakibatkan kurangnya kecepatan awalan, cara memegang peluru yang kurang tepat akan mengakibatkan kurang stabilnya tangan dalam menolak, tolakan kurang kuat, dan kurangnya daya dorong atau sentakan kaki pada saat menolak serta kurangnya kemampuan menjaga keseimbangan badan pada saat menolak maupun setelah menolak. Sedangkan faktir psikos minimnya motivasi dalam pembelajaran baik dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh daya ledak lengan terhadap hasil belajar tolak peluru, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keseimbangan terhadap hasil belajar tolak peluru, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar tolak peluru, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh daya ledak lengan, keseimbangan dan motivasi terhadap hasil belajar tolak peluru, Jenis penelitian ini deskriptif yang sifatnya korelasional dengan melibatkan variabel bebas (independent) terdiri atas daya ledak lengan, keseimbangan dan motivasi sedangkan variable terikat adalah hasil belajar tolak peluru. Sampel penelitian adalah Siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang Kota Makassar jenis kelamin putra kelas V dan kelas VI sejumlah 40 orang yang ditarik secara purposive random sampling. Instrumen daya ledak lengan dengan One-Hand Softball Ball Put, keseimbangan dengan stroke stand, motivasi menggunakan kuisioner motivasi dan instrument hasil belajar hasil belajar tolak peluru menggunakan instrumen proses keterampilan tolak peluru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan daya ledak terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang Makassar (p < 0.05), ada pengaruh yang signifikan keseimbangan terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang Makassar (p < 0.05), ada pengaruh yang signifikan keseimbangan terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang Makassar, dan ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama daya ledak, keseimbangan, dan motivasi terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang Makassar (p < 0.05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syahiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Ganong. (1991). Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Universitas Of
Missisippi.School of Medicine.
Harsono, (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Coaching. Jakarta: Proyek
Pengembangan Dikti.
Husdarta, H. J. S., (2009). Manajemen Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sajoto, (1988). Pembinaan Kondisi Fisik. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tinggi Dikti
Sardiman, A. M., (2012). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar (cetakan 21).
Jakarta: Rajagrafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya (edisi 5). Jakarta: Rineka Cipta
Uno. Hamsah B. (2013). Teori Motivasi belajar dan Pengukurannya: Analisis di
Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Yahya, M. Kasmad. (1994). Belajar Gerak. Makassar: FIK UNM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to





Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.