MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI ESTAFET TEKNIK TAKE OVER NON VISUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BAKUBAKULU
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan pembelajaran lari estafet teknik Take Over Non Visual pada siswa kelas IV SD Inpres Bakubakulu?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran lari estafet teknik Take Over Non Visual dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas IV SD Inpres Bakubakulu. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1)Manfaat Teoritis Bertambahnya khazanah keilmuan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw. (2)Manfaat Praktis bagi Guru mampu menganalisa terjadinya permasalahan permasalahan pembelajaran dan mampu mengatasi permasalahan tersebut. (3)Mampu menumbuhkan suasana pembelajaran yang kondusif dan meningkatkan kemandirian siswa. (4)Bagi peneliti dapat menambah khasanah keilmuan dan pengalaman peneliti untuk terjun ke bidang pendidikan. (5)Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Inpres Bakubakulu yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pada observasi awal hasil ketuntasan klasikal sebesar 30% dan selanjutnya pada siklus I telah mangalami kenaikan 17%, sedangkan pada siklus II juga mengalami kenaikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II telah melewati batas ketuntasan yaitu sebesar 80% dengan ini tidak perlu lagi melakukan siklus berikutnya. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai yang dicapai yakni 75,3, maka penelitian ini tidak dilanjutkan lagi dan hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima jadi melalui pendekatan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet dengan teknik take over non visual pada siswa kelas IV SD Inpres Bakubakulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2006. Pedoman Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Orkes.
Isjoni (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pekanbaru. Pustaka Pelajar
Isnaini dan Suranto, 2010. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Depdikbud Dirjen Dikti PPTK Jakarta
Nurgiantoro.2003.Metodologi Research.Yogyakarta:Universitas Gajah Mada
Rusman. 2011. Model-Model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Suroto, dkk. 2007. Pembelajaran Penjasorkes Inovatif Untuk Pendidikan Dasar (Iu-07-1). Buku Model. Surabaya: Balitbang-Puslitjaknov. Wikipedia, 2012. Estafet. http://id.wikipedia.org/wiki/estafet. Diakses tanggal 06 September 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.