MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SDN PEBATAE
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada peningkatan keterampilan servis bawah pada pembelajaran bola voli melalui media visual pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pebatae? Tujuan penelitian ini untuk peningkatan keterampilan servis bawah pada pembelajaran bola voli melalui media visual pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pebatae. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian ini terdiri atas 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan,(3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan diperoleh malalui tes unjuk kerja, dan observasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan indikator keberhasilan tindakan pada siklus I diperoleh persentase 68.75 %. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 93,75%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui media visual dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam pembelajaran bola voli pada siswa kelas V SDN Pebatae. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan kepada peneliti yang akan datang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan acuan khususnya bagi peneliti sejenis. Peneliti yang akan datang dapat mengembangkan metode ini untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar servis bawah dalam permainan bola voli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Ashar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Djamarah dan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Husdarta, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian
Proyek penataran Guru SLTP Setara D-III.
M. Yunus. (1992). Bola Voli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi.
Muhajir. (1996). Pendidikan Jassmani dan Kesehatan untuk SMU Kelas 1. Jakarta : Erlangga.
Nurhasanah, dkk. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani). Surabaya: Unesa
University Pres.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukirin. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Mengembangkan
Profesi Guru, Praktik, Praktis dan Mudah. Jakarta: Erlangga.
Viera Barbara. (2004). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulhajji. 2014. Upaya Meningkatkan kemampuan servis bawah bola voli melalui
pembelajaran kebugaran jasmani dengan materi kekuatan otot lengan pada siswa-siswi
kelas VII MTs Al-Ikhas Jayaloka KabupatenMusi Rawas. Bengkulu: FKIP
Universitas Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.