https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROL DEPAN MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI MATRAS PADA SISWA KELAS V SDN BOHONTOBUNGKU KECAMATAN BUNGKU TENGAH | Risnawati | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROL DEPAN MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI MATRAS PADA SISWA KELAS V SDN BOHONTOBUNGKU KECAMATAN BUNGKU TENGAH

Risnawati Risnawati, Hendrik Mentara, Marhadi Marhadi

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan modifikasi matras dapat meningkatkan hasil belajar rol depan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku Kecamatan Bungku Tengah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar rol depan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku Kecamatan Bungku Tengah melalui metode modifikasi matras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian ini terdiri atas 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. data yang dikumpulkan diperoleh melalui tes unjuk kerja, dan observasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan indikator keberhasilan tindakan pada siklus I diperoleh persentase 66,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,89%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui modifikasi matras bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar rol depan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan kepada peneliti yang akan datang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan acuan khususnya bagi peneliti sejenis. Peneliti yang akan datang dapat mengembangkan metode ini untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar rol depan.


Keywords


Hasil Belajar, Rol Depan, Modifikasi Matras.

Full Text:

PDF

References


Agus Mahendra. (2001). Senam. Jakarta : Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataan Guru SLTP Setara DIII.

Agus Margono. (2011). Senam. Jakarta UNS Press.

Aprilia Ayu Kusuma Wardani. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Rol Depan
melalui Pemanfaatan Alat Bantu Bidang Miring pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Purwodadi Tahun Pelajaran 2011/2012. Bengkulu : Universitas Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan.

Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian
Rakyat.

Biasworo Adisuyanto Aka. (2009). Dalam Boks Cerdas dan Bugar dengan Senam
Lantai. Bandung : Grasindo.

Djamarah dan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

H.J.S. Husdarta. (2010). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Iwan. (2013). Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam di SD Kelas Bawah. Jurnal Olahraga. Edisi Agustus hal. 227-239.

Kristiyanto. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani
dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press.

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani, Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Munasifah. (2008). Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Depdiknas. Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataan Guru
SLTP Setara D-III.

Nurhayati. (2010). Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Siswa Kelas V SDN
Kasihan melalui Pendekatan Modifikasi Sarana Pembelajaran. Bengkulu : Universitas Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan.

Sri Wahyuni. (2008). Biomekanika Pendekatan Sistem Pembelajaran Gerak. Bandung : Program Pasca Sarjana UPI.

Sugiyanto. (2013). Belajar Gerak I. Surakarta : UNS Press.

Suharjana. (2006). Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam di SD Kelas
Bawah. Jurnal Olahraga. Edisi Agustus hal. 227-239.

Suyati dan Agus Margono. (2000). Teori dan Praktek Senam I. Surakarta : UNS
Press.

Zainal Aqib. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.