STUDI TENTANG KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMK NEGERI 1 SOJOL

Irfandi irfandi irfandi, Hasdin hasdin hasdin, Hamzah hamzah hamzah

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Menggiring Bola dalam Permaianan Sepak Bola Pada Siswa SMK Negeri 1Sojol dan unuk mengetahui tingkat kecepatan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa SMK Negeri 1 Sojol.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK Negeri 1 Sojol yang berjumlah 124 orang siswa. Sedangkan yang dijadikan sempel adalah siswa kelas X (sepuluh) yang bejumlah 40 orang siswa yang ditentukan secara purposive sampling (sempel tujuan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) Siswa sampel SMK Negeri 1 Sojol terdapat rata-rata 55% yang memiliki kemampuan menggiring bola dan yang belum memiliki kemampuan rata-rata 45%; (ii) siswa sampel SMK Negeri 1 Sojol yang telah memiliki kecepatan menggiring bola rata-rata 45% dan sebaliknya yang belum memiliki kecepatan menggiring bola 55%; (iii)faktor yang menentukan dalam kemampuan dan kecepatan menggiring bola dalam permainan sepak bola adalah faktor minat/bakat, fisik, jenis kelamin, dan faktor berat badan; (iv) ditemukan kesalahan dalam latihan menggiring bola, yaitu melakukan gerakan menggiring bola dengan mengelinding bola terlalu jauh dari kaki dan berada di luar jangkauan, bola terselip disela-sela kaki saat menggiring bola, keseimbangan badan terjatuh pada saat menggiring bola, dan mengubah arah dengan cepat dan menggiring bola kearah bendera (kadang menabrak bendera) berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu disarankan : (i) perlu teknik-teknik dasar permainan sepak bola dijarkan melalui mata pelajaran pendidikan jasmani, kepada seluruh siswa tak terkecuali perempuan, sebab pertandingan sepak bola bukan hanya dipertandingkan untuk laki-laki namun juga pada perempuan (ii) perlu SMK Negeri 1 Sojol menetapkan sepak bola sebagai cabang olah raga binaan dalam praktek mata pelajaran pendidikan jasmani, sehingga teknik dasar dalam permainan sepak bola tersebut dapat dilakukan pembinaan secara terarah dan terus menerus.
Kata Kunci : Kemampuan Menggiring Bola, Sepak Bola

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22487/por.v3i09.4776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published By: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to