SURVEY MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI KELAS X SMKN 2 POSO
Abstract
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SMKN 2 Poso?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SKMN 2 Poso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Poso yang berjumlah 47 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 34 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, tabulasi, frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes, kategori sangat tinggi 7 orang (14,89%), 32 orang dalam kategori tinggi (68,09%), 7 orang dalam kategori sedang (14,89%), dan 1 orang dalam kategori rendah (2,13%), dan; (2). Indikator minat yang digunakan sebagian besar berada pada kategori tinggi, dengan rincian:(a). Perasaan senang berada pada kategori tinggi (72,34%), (b). Rasa tertarik berada pada kategori tinggi (72,55%), (c). Rasa nyaman berada pada kategori tinggi (71,21%), (d). Perhatian siswa berada pada kategori tinggi (71,21%), (e). Antusias siswa berada pada kategori sedang (71,65%), (f). Motivasi siswa berada pada kategori tinggi (68,94%). Kesimpulan penelitian ini adalah minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SMKN 2 Poso sebagian besar berada pada kategori tinggi dengan persentasi sebesar 68,09%. Dari kesimpulan tersebut dapat diajukan saran kepada guru penjasorkes agar dalam memberikan atau menyajikan materi pembelajaran harus menerapkan metode secara bervariasi yang berguna untuk menarik atau meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci: Minat, Pembelajaran, Penjasorkes
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SMKN 2 Poso?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SKMN 2 Poso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Poso yang berjumlah 47 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 34 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, tabulasi, frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes, kategori sangat tinggi 7 orang (14,89%), 32 orang dalam kategori tinggi (68,09%), 7 orang dalam kategori sedang (14,89%), dan 1 orang dalam kategori rendah (2,13%), dan; (2). Indikator minat yang digunakan sebagian besar berada pada kategori tinggi, dengan rincian:(a). Perasaan senang berada pada kategori tinggi (72,34%), (b). Rasa tertarik berada pada kategori tinggi (72,55%), (c). Rasa nyaman berada pada kategori tinggi (71,21%), (d). Perhatian siswa berada pada kategori tinggi (71,21%), (e). Antusias siswa berada pada kategori sedang (71,65%), (f). Motivasi siswa berada pada kategori tinggi (68,94%). Kesimpulan penelitian ini adalah minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes di SMKN 2 Poso sebagian besar berada pada kategori tinggi dengan persentasi sebesar 68,09%. Dari kesimpulan tersebut dapat diajukan saran kepada guru penjasorkes agar dalam memberikan atau menyajikan materi pembelajaran harus menerapkan metode secara bervariasi yang berguna untuk menarik atau meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci: Minat, Pembelajaran, Penjasorkes
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.