https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 LAGE | usman | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 LAGE

Abd. Razak Usman rasak usman, Hendrik Mentara hendrik mentara, andi saparia andi saparia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode tutor sebaya dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN 2 Lage. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. untuk meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode tutor sebaya dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN 2 Lage. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing masing siklus terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II, serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes baik pada tes awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dan telah melebihi indikator yang ditentukan yakni sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN 2 Lage. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan bagi para guru Penjasorkes, dalam melaksanakan pembelajaran seorang guru harus mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mereka terlibat langsung dalam penanaman konsep dari yang nyata ke yang abstrak.

Kata Kunci: Keterampilan, Passing Bawah, Bola Voli, Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.