MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN SEPAK BOLA MINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan mengiring
bola siswa melalui penerapan permainan sepak bola mini. Rancangan atau desain
yang digunakan dalam penelitian tindakan pada siswa kelas V SDN Umbele
Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali terdiri dari empat tahapan, yaitu:
rencana, tindakan, observasi, reflektif. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan
siswa yang diduduk dibangku kelas V SDN Umbele Kecamatan Bungku Selatan
Kabupaten Morowali yang berjumlah 22 orang terdiri dari 14 siswa putra dan 8
siswa putri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data
kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
persentase keterampilan menggiring bola pada siklus I sebesar 59,09% dan
mengalami peningkatan persentase pada siklus II sebesar 90,915. Kenaikan
peningkatan yang diperoleh setelah melalui penerapan permainan sepak bola mini
untuk meningkatkan keterampilan menggiring bola adalah sebesar 31,82%.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan permainan sepak bola mini
dapat meningkatkan keterampilan menggiring bola pada siswa kelas V SDN
Umbele Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, I. (2020). Boardball Sebagai Media Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 114–122.
Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82. http://dx.doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
Affrianty, F. N., Marzuki, & Chiar, M. (2013). Studi Keterampilan Teknik Dasar Menggiring Bola Dengan Kecakapan Bermain Futsal Club Wanita Starlight. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).
Buaraphan, K. (2016). The Development of Qualitative Classroom Action Research Workshop for in-Service Science Teachers. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(1).
Defrioka, A. (2017). The Use of Information Gap Activities in Teaching Speaking (classroom Action Research at Smk). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 10(2), 116. https://doi.org/10.24036/ld.v10i2.6418
Nurhasanah, F., Sukandi, U., Kuncoro, A. B., Rusilowati, A., Hastuti, W. S., & Prabowo, A. (2020). Collaborative classroom action research for mathematics and science teachers in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012024
Palacios-Huerta, I. (2004). Structural changes during a century of the world?s most popular sport. Statistical Methods & Applications, 13(2). https://doi.org/10.1007/s10260-004-0093-3
Sutrisno, & Khadafi. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Depdiknas CV. Putra Nugraha.
Vogelzang, J., & Admiraal, W. F. (2017). Classroom action research on formative assessment in a context-based chemistry course. Educational Action Research, 25(1), 155–166. https://doi.org/10.1080/09650792.2016.1177564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to





Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.