https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH TAEKWONDO DI KOTA PALU | Abduh | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH TAEKWONDO DI KOTA PALU

Ikhwan Abduh

Abstract


Pembinaan prestasi olahraga harus ditunjang dari banyak unsur dintaranya sarana, prasarana dan sumber daya manusia yang mumpuni. Sumber daya pelatih hendaknya dapat menjadi ujung tombak dalam pengembangan prestasi atlet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gaya kepemimpinan pelatih dalam membina atlet taekwondo di Kota Palu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 orang, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi karena menggunakan teknik pengambilan total sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengisian angket dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi persentase. Hasil penelitian menunjukkan  gaya kepemimpinan pelatih taekwondo Kota Palu masuk pada kategori demokratis dengan rata-rata jawaban “ya” paling tinggi pada kategori tersebut yakni 59,32%. Selain itu sampel juga berpendapat bahwa gaya kepemimpinan pelatih tidak masuk pada gaya kepemimpinan task oriented dibuktikan dengan rata-rata persnetase jawaban “tidak” pada indicator tersebut paling tinggi yakni 57,82%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan gaya kepemimpinan pelatih taekwondo di Kota Palu lebih cenderung pada gaya kepemimpinan demokratis, meskipun secara statistic tidak ada gaya kepemimpinan pelatih paling menonjol dari keempat indicator gaya kepemimpinan pelatih yang dijadikan parameter ukur.


Keywords


Gaya kepememimpinan, pelatih, atlet, pembinaan prestasi, bela diri

Full Text:

PDF

References


Adzhar, R. Z. I. R., Abd Aziz, S., Zakaria, J., Osman, N., & Azmi, S. H. (2019). Correlation Between Leadership Style and Athlete Motivation Among Males and Females Adolescents. Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise, 8(2), 45–56.https://doi.org/10.15282/mohe.v8i2.340

Cahyati, S., Kusumawati, I., & Irianto, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Pelatih Hapkido Daerah Istimewa Yogyakarta. JSH: Journal of Sport and Health, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.26486/jsh.v1i2.1232

Fenanlampir, A. (2020). Ilmu Kepelatihan Olahraga. CV. Jakad Media Publishing.

García, G. H., Martinent, G., & Nicolas, M. (2020). Relationships between perceived coach leadership and athletes’ affective states experienced during competition. Journal of Sports Sciences, 1–8. https://doi.org/10.1080/02640414.2020.1835236

Jooste, J., & Kubayi, A. N. (2018). Perceived coach leadership style and psychological well-being among South African national male wheelchair basketball players. Disability and Health Journal, 11(4), 655–659. https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2018.07.004

Lee, Y. H., Hwang, S., & Choi, Y. (2017). Relationship between coaching leadership style and young athletes’ social responsibility. Social Behavior and Personality: An International Journal, 45(8), 1385–1396. https://doi.org/10.2224/sbp.6176

Najafi, F., Heydarinejad, S., & Shetabbushehri, S. N. (2018). The Relationship Between the Leadership Style of Coaches, Group Cohesion and Competitive Anxiety in Women’s Futsal Premier League. Sport Management Review, 10(47), 185–204. SID.

Novian, G. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih Dengan Kepuasan Diri Atlet Taekwondo. Universitas Pendidikan Indonesia.

Novian, G., & Noors, I. P. M. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih dengan Prestasi Atlet Taekwondo. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(02), 151–164. https://doi.org/10.21009/GJIK.112.07

Nurhayati, S. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih Dengan Motivasi Berprestasi Atlet Kempo Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purborini, U., & Frieda NRH, F. (2017). Kecemasan Bertanding Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Pelatih: Studi Pada Atlet Pencak Silat Se-Kota Semarang. Jurnal EMPATI, 5(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.