https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DI KOTA PALU | Marhadi | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DI KOTA PALU

Marhadi Marhadi, Rahmah Rahmah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini meliputi; 1) Untuk menghasilkan bentuk permainan monopoly sebagai media pembelajaran penjasorkes untuk siswa SD di Kota Palu. 2) Untuk mengetahui efektifitas permainan monopoly yang dikembangkan untuk pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau disebut sebagai pengembangan berbasis penelitian (research-based development). Lokasi penelitian di SD Inpres Bumi Sagu Kota Palu. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan permainan monopoly untuk pembelajaran penjasorkes siswa SD ini meliputi 10 langkah utama dalam pengembangan, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis uji Anova satu faktor. Luaran dalam penelitian ini adalah tersubmit dalam artikel ilmiah di jurnal Nasional Terakreditasi. Bentuk pengembangan permainan monopoly yang sesuai untuk media pembelajaran penjasorkes di SD meliputi lapangan atau halaman sekolah, jumlah kotak dalam permainan, pergerakan dalam permainan, bentuk dan jumlah dadu, kartu ceria dan sehat, gambar dalam petak serta peraturan permainannya. Dengan adanya permainan monopoly ini diharapkan pembelajaran permainan jasmani akan lebih variatif dan menarik. Pengembangan permainan monopoly sangat efektif untuk pembelajaran penjasorkes, hal ini dapat ditunjukan dengan data penelitian bahwa denyut jantung rata-rata siswa mengalami kenaikan setelah melakukan permainan monopoly sebesar 19,88% dari denyut jantung maksimal, hal ini menunjukan bahwa permainan monopoly dapat meningkatklan kebugaran siswa sehingga efektif untuk pembelajaran.

 


Keywords


permainan monopoly, media, penjasorkes, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82. http://dx.doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Berger, V. W., & Zhou, Y. (2014). Kolmogorov-Smirnov Test: Overview. In N. Balakrishnan, T. Colton, B. Everitt, W. Piegorsch, F. Ruggeri, & J. L. Teugels (Eds.), Wiley StatsRef: Statistics Reference Online (p. stat06558). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118445112.stat06558

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx

Hafinah, W. R., & Usman, R. K. (2019). Pengaruh Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(2), 20–23.

Hastunar, D. E., Bharati, D. A. L., & Sutopo, D. (2014). Modifying a Monopoly Game for Teaching Written Vocabulary for the Seventh Graders of Terang Bangsa Junior High School. English Education Journal, 4(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej/article/view/6669

Humaedi, H., Iskandar, H., & Abduh, I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 117–122. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3325

Jääskelä, P., & Nissilä, P. (2015). Identifying Themes for Research-based Development of Pedagogy and Guidance in Higher Education. Scandinavian Journal of Educational Research, 59(1), 24–41. https://doi.org/10.1080/00313831.2013.838696

Khomsin. (2010). Kumpulan Buku Panduan TKJI. Universitas Negeri Semarang.

Knapp, T. R. (2016). Why Is the One-Group Pretest–Posttest Design Still Used? Clinical Nursing Research, 25(5), 467–472. https://doi.org/10.1177/1054773816666280

Usmeldi, U., Amini, R., & Trisna, S. (2017). The Development of Research-Based Learning Model with Science, Environment, Technology, and Society Approaches to Improve Critical Thinking of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10680

Zealand, A. U. of T., New, Verswijvelen, M., Sosa, R., & Martini, N. (2020, September 10). Designing game-inspired narratives for learning. Design Research Society Conference 2020. https://doi.org/10.21606/drs.2020.294

Zulia, R. (2014). The Development of monopoly game as a learning science media to increase the result of learning process at 5th grade of MI Al Maarif 02 Singosari [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/7572/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.