PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN PAK BO TANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan Pak Bo Tang dalam pembelajaran sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall yaitu: (1) Analisa kebutuhan didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Perencanaan untuk mengembangkan produk awal. (3) Pembuatan produk awal. (4)Uji coba kelompok kecil 10 siswa putra dan 10 siswa putri). (5) Revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran. (6) Uji8coba kelompok besar (20 siswa putra dan 20 siswa putri), (7) Produk akhir yang dihasilkan adalah model permainan Pak Bo Tang bagi siswa sekolah dasar kelas atas. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 87,71% (baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 88,67% (baik). Hasil uji coba kelompok besar diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 93,9% (sangat baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 94,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan model pembelajaran tersebut, maka dapat disimpulkan : (1) Model permainan Pak Bo Tang yang telah dihasilkan dalam penelitian ini layak dan dapat digunakan bagi siswa sekolah dasar kelas atas. (2) Model permainan Pak Bo Tang dapat menjadi alternatif model pembelajaran penjasorkes yang efektif dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar kelas atas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrian, B. B., & Yuwono, C. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola dengan Permainan “Balangka”. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(10).
Ammar, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Melalui Permainan Septi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirgo 02 Kecamatan Mijen Kota Semarang Tahun 2013. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(6).
Anisah, H. (2015). Model Pengembangan Permainan Jumpgoso Dalam Penjasorkes Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sukodadi 2 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun 2013/2014. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(6).
Arif, M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Passing Pada Permainan Sepak Bola Melalui Permainan Gawang Beralih Untuk Pembelajaran Penjasorkes Siswa SD Negeri Candirejo 01 Kab. Batang Tahun 2013. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(9).
Astuti, N. S. W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bolgrang Siswa Kelas V SDN Gedong 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Banyubiru Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Profesi Keguruan, 2(1), 10-16.
Astuti, Y., & Mardius, A. (2017). Pengembangan permainan kolaboratif dalam pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah dasar untuk optimalisasi pembentukan karakter. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2), 79-86.
Atradinal, A., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Mardela, R., Putri, L. P., Oktavianus, I., & Bakhtiar, S. (2020). Dissemination and Training of Identification and Development of Sport Talent for Physical Education Teachers and Sports Trainers in the Province of West Sumatra. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112-125.
Belhaj, M. M. S., & Hidayah, T. (2015). Pengembangan Model Permainan Sepakbola Empat Gawang Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education and Sports, 4(2).
Bhakti, R. Y., & Yuwono, C. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Colorful Balls Run Untuk Reaksi Gerak Pada Anak Tunagarhita. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(1), 18-23.
Deviantony, F., Lestari, P., Anggalia, N., & Handayani, W. (2020). LEGO Sebagai Permainan Tradisional Berbasis Kelompok Pada Anak Domino (Disorder Of Gaming And Internet Addiction): A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1).
Esa, A. K. (2013). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Sepak Bola Mini Melalui Permainan Bola Holahop Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bojongbata Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(10).
Fatoni, N. (2014). Upaya Peningkatan Pembelajaran Sepak Bola Menggunakan Modifikasi Permainan Gol Injak Kelas V Semester II SD Negeri 3 Langenharjo Kec. Kendal Kab. Kendal Tahun 2013. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(9).
Heriyanto, T., & Akhiruyanto, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Dalam Sepakbola Melalui Pendekatan Permainan Bola Inovatif. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(11).
Humaedi, Humaedi, Hendra Iskandar, and Ikhwan Abduh. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Outbound Pada Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 9 (2): 117–22. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3325.
Jurgensen, S. C. I. (2017). The Government Intervention Towards Indonesia's Football Association (Pssi): The Impact Of Indonesia's Participation In International Football Competition (2015-2016) (Doctoral dissertation, President University).
Lestariyanto, D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Bambu Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Wulung Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(12).
Ma’amun, A., & Setiawan, I. (2015). Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Permainan BOI. Active : Journal of Physhical Education, Sport, Health, and Recreation, 4(10)
Nurmas, Y. R. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Komgirbol (Kompetisi Giring Bola) Di Kelas V Sd Salaman Mloyo Semarang. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(1).
Nururi, A. N., & Sulaiman, S. (2015). Permainan Sepak Bola (Dora) Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas VI SD Negeri Palebon 02 Kec. Pedurungan Kota Semarang Tahun 2013. Active: Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation, 4(7).
Rangga, G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Sepak Bola Melalui Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Penjasorkes. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(3), 158-164.
Rizky, L., & Setiawan, I. (2013). Pengembangan Pembelajaran Lempar Lembing Menggunakan Media Roket Pada Siswa Kelas IX SMP N 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(7).
Rosianah, D. R., & Setiawan, I. (2013). Model Pengembangan Permainan Gobak Sodor Bola Pada Pembelajaran Bola Tangan Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V Pada Sekolah Dasar. ACTIVE : Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(3).
Setiawan, I., Triyanto, H. (2014). Pengembangan Permainan Tradisional Gobak Sodor Bola Dalam Pembelajaran Penjas Pada Siswa SD. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to





Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.