https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
GAMBARAN DAYA TAHAN KARDIOVASCULAR (VO2Max) GURU PENDIDIKAN JASMANI KATEGORI USIA PERTENGAHAN (45-59) TAHUN SE LUWU RAYA | Dahlan | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

GAMBARAN DAYA TAHAN KARDIOVASCULAR (VO2Max) GURU PENDIDIKAN JASMANI KATEGORI USIA PERTENGAHAN (45-59) TAHUN SE LUWU RAYA

Firmansyah Dahlan, Hendra Iskandar

Abstract


Penelitian ini memberikan gambaran daya tahan kardovascular (VO2Max) guru Penjas usia 45-59 tahun. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru Penjas se Luwu Raya yang berjumlah 45, dipilih menggunakan teknik sampling puposive. Instrumen tes menggunakan menggunakan Aerobik Test. Hasil analisi statistik menggambarkan bahwa guru penjas se Luwu Raya dalam penelitian ini dengan kategori sedang merupakan jumlah persentase terbanyak yakni kategori Sedang 28 orang dengan persentase (62,2%) sedangkan untuk jumlah persentase paling sedikit adalah Baik 1 orang dengan persentase (2,2%). Gambaran untuk sampel guru penjas yang berjenis kelamin pria dalam penelitian ini dengan kategori sedang merupakan jumlah persentase terbanyak yakni kategori sedang 22 orang dengan persentase (78,6%) sedangkan untuk jumlah persentase paling sedikit adalah kurang 2 orang dengan persentase (7,1%). Gambaran untuk sampel guru penjas yang berjenis kelamin wanita dalam penelitian ini dengan kategori kurang merupakan jumlah persentase terbanyak yakni kategori kurang 8 orang dengan persentase (47,1%) sedangkan untuk jumlah persentase paling sedikit adalah baik 1 orang dengan persentase (5,8%).


Keywords


Umpan balik positif, umpan balik netral, konsep diri yang positif

Full Text:

PDF

References


Budi, M. F. S., & Sugiharto. (2015). Circuit Training dengan rasio 1:1 dan rasio 1:2 terhadap peningkatan VO2Max. Journal of Sport Sciences and Fitness, 4(3), 53–58.

Busyairi, B., & Ray, H. R. D. (2018). Perbandingan Metode Interval Training dan Continuous Run terhadap Peningkatan Vo2max. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 3(1), 76–81.

Irianto, T. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Multilateral, 13(1), 58–61.

Junaidi, S. (2011). Pembinaan fisik lansia melalui aktifitas olahraga jalan kaki. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1), 17–21.

Kurnianto P, D. (2015). Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 19–30.

Lengkong, G., Marunduh, S. R., & Wungow, H. I. S. (2016). Pengaruh senam bugar lansia terhadap kebugaran jantung paru di Panti Werdha Bethania Lembean. Jurnal E-Biomedik (EBm), 4(2).

Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6399

Muna, M. K. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseharan. Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 209–220. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Patria, F. D. B. (2017). Pengaruh latihan fartlek dan interval training terhadap peningkatan VO2 MAX atlet pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate cabang Blitar tahun 2016. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rahmad, H. A. (2016). Pengaruh penerapan daya tahan kardivaskuler (VO2 MAX) dalam permaian sepak bola PS Bina Utama. Jurnal Curricula, 1(2), 1–10.

Rohmansyah, N. A., & Setiyawan. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Yogyakarta. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(1), 47. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n1.p47-54

Widiastuti. (2011). Tes dan pengukuran olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.