https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS | Mentara | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hendrik Mentara, Abd Basyid

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplore efektivitas pembelajaran melalui komunikasi orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK dikelas X SMA Negeri 1 Poso Pesisi Utara. Sampel yang digunakan sebanyak 24 orang tua siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari populasi yang berjumlah 161 orang tua siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan, ternyata ada perubahan nilai sebelum dan sesudah komunikasi itu dilaksanakan. Dari hasil analisis angket digambarkan bahwa 29% orang tua siswa selalu berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 24% orang tua siswa sering berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 27% orang tua siswa kadang-kadang berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa, 20% orang tua siswa tidak pernah berkomunikasi terhadap efektivitas hasil belajar siswa.


Keywords


Komunikasi, Efektivitas, Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Efendy, O. (1988). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya.

Goode, William J. (1983). Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Hasbullah. (2003). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haqi, L. (2015). Pengaruh Komunikasi antara Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi.

Sudjana, Nana (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.