https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR | Kurdi | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Kurdi Kurdi, Rif’iy Qomarullah

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran self-directed learning (SDL). Desain penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan pada siswa kelas 5 SD Negeri 3 Abepura berjumlah 34 orang. Siklus dalam PTK ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamata, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Materi yang digunakan adalah permaninan bola besar. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan penerapan model, hal ini ditandai pada siklus III menunjukkan respon siswa yang sangat baik, lembar pengamatan menunjukkan kategori baik, dan > 75% siswa telah memeroleh ketuntasan belajar.


Keywords


Learning Outcomes, SDL, CAR

Full Text:

PDF

References


Anggara, Anggi. 2017. “Pengaruh Komunikasi Dan Kompetensi Profesional Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran Penjaskes.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia; Vol 2 No 1 (2017): Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, January. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view?path=.

Arif, Muhammad. Hartati, Sasminta Christina Yuli. 2016. “Penerapan Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo)”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Volume 4 (1): 185-193.

Juliyandi. Saifuddin. Abdurrahman. 2015. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMP Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PJKR FKIP Unsyiah, Volume 1 (2): 102-113.

Junaidi, Said. 2015. “Kebermaknaan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta Permasalahannya”. Jurnal Health and Sport, Volume 1 (1): 10-16.

Kazlauskiene, Ausra. 2015. “Implementation of the Self-Directed Learning System in General Education Schools: Analysis of Manifestation of Changes”. Journal of Education and Training, Volume 2 (2): 155-167.

Kemmis, Stephen, Robin McTaggart, and Rhonda Nixon. 2014. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore Heidelberg New York Dordrecht London: Springer.

Mulyani, Mulyani. 2019. “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Di Madrasah Aliyah Swasta El-Syarief Kresek Kabupaten Tangerang Banten.” Banten: Universitas Isalm Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3501.

Moradi, Hamzeh. 2018. “Self-directed Learning in Language Teaching-learning Processes”. Modern Journal of Language Teaching Methods (MJLTM), Volume 8 (6): 59-64.

Qomarrullah, Rif’iy. 2015. “Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani”. Journal of Physical Education, Health and Sport, Volume 2 (2): 76-88.

Rosarina, Gina. Sudin, Ali. Sujana, Atep. 2016. “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda”. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1 (1): 371-380.

Yusuf, Wiwin Fachrudin. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD)”. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3 (2): 263-278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.