https://atisisbada.bogorkab.go.id/assets/ https://kelulusan.pnl.ac.id/assets/ https://bpsdm.kominfo.go.id/uploads/rekomendasi/ https://bpsdm.kominfo.go.id/uploads/berita/ https://faperta.unej.ac.id/wp-content/themes/penting/ https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/ https://kip-kuliah.kemenag.go.id/xgacor/ https://simpelsikat.langkatkab.go.id/thai-gacor/ https://ais.stikesmi.ac.id/ais/repository/ https://inventory.bappeda.tulungagung.go.id/vendor/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sitaboga.unair.ac.id/storage/app/public/uploads/rekomendasi/ https://merchandise.daihatsu.co.id/xgacor/ https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/demobos/
POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID)-19 DI SEKOLAH DASAR | Herlina | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID)-19 DI SEKOLAH DASAR

Herlina Herlina, Maman Suherman

Abstract


Serangan Corona Virus Disease (covid)-19 membawa dampak yang signifikan pada semua sendi kehidupan manusia. Pendidikan khususnya pendidikan formal adalah salah satu komponen kehidupan manusia yang terdampak oleh serangan virus tersebut. Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan dengan tatap muka, secara tiba-tiba harus dilakukan secara daring. Selain kendala terhadap akses internet, sejumlah mata pelajaran  yang  berbasis praktik seperti  IPA dan mata pelajaran berbasis aktivitas fisik seperti PJOK juga mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada subject terbatas di SDN Sumari, artikel ini mengkaji potensi pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui teknik pengumpulan data yakni wawancara, pengamatan dan penelusuran pustaka daring dengan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK memiliki potensi untuk dikembangkan di tengah masa pandemi covid-19 melalui model pembelajaran jarak jauh dengan pendekatan kolaboratif.


Keywords


Covid-19, Pembelajaran PJOK, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendekatan Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sykmana, and Nur Hikmatul Auliya. 2020.Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Herlina, Acim, Misnah, and Rifka Khairunnisa. 2019. “Need Analysis of Using Google Form For Learning.” Jurnal Dikdas 7 (2): 143–50.

Herlina, Hamlan Andi Baso Malla, and Acim. 2020. “Maksimalisasi Google Dokumen Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Mahasiswa.” Educate 5 (1): 86–95. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2020.

Kemendikbud. 2020a. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Juknis BOS Reguler.”

———. 2020b. “Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebarana Corona Virus Disease (Covid-19).”

KemenPAN-RB. 2020. “Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Lingkungan Iinstansi Pemerintah.”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. “Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020.”

Martana, Salmon Priaji. 2006. “Problematika Penerapan Metode Field Research Untuk Penelitian Arsitektur Vernakular Di Indonesia.” DIMENSI (Jurnal Teknik Arsitektur) 34 (1): 59–66. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/16458.

Nuryana,Agus Nana. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Kabar Priangan, 2020. https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/.

Prasetyo, Irfan. 2003. “Inovasi Pembelajaran Penjaskes Yang Berbasis Pada Blended Learning Di Abad 21.” In Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, 73–81.

Qomarrullah, Rif’iy. 2014. “Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani (Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar).” Indonesian Journal of Sports Science 1 (1): 76–88.

Sugiyono. 2015. Educational Research Methods. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Atwi. 2014. Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Jarak Jauh.Pdf. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriyadi, Muhammad. 2018. “Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Gelanggang Olahraga 1 (2): 6–11.

Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.