MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VII-1 SMP N I TOJO
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan
penerapan metode pemberian tugas pada siswa kelas VII-1 SMP
Negeri I Tojo dapat meningkatkan keterampilan pasing atas dalam
permainan bola voli? Tujuannya yaitu untuk mengetahui peningkatan
keterampilan pasing atas melalui penerapan metode pemberian tugas
pada permainan bola voli. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N
1 Tojo dengan sampel penelitian siswa kelas VII-1 Tojo. Subjek
penelitiannya terdiri atas 16 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa
perempuan. Materi yang dibahas adalah melakukan pasing atas pada
permainan bola voli. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar praktek pada tiap
akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil tes hasil akhir
belajar praktek siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang
tuntas 19 orang dari 33 siswa atau persentase ketuntasan belajar
klasikal 73,66%, aktivitas siswa 75% dalam kategori cukup dan
aktifitas guru 82,1% dalam kategori baik. Pada siklus II diperoleh
siswa yang tuntas 28 orang siswa dari 33 siswa atau persentase
ketuntasan klasikal 84,84%, aktivitas siswa 86% berada dalam
kategori baik dan aktifitas guru 85,7% dalam kategori baik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pemberian tugas dapat
meningkatkan kemampuan pasing atas dalam permainan bola voli
kelas VII-1 SMP Negeri I Tojo.
Kata Kunci: Pasing Atas, Metode Pemberian Tugas
penerapan metode pemberian tugas pada siswa kelas VII-1 SMP
Negeri I Tojo dapat meningkatkan keterampilan pasing atas dalam
permainan bola voli? Tujuannya yaitu untuk mengetahui peningkatan
keterampilan pasing atas melalui penerapan metode pemberian tugas
pada permainan bola voli. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N
1 Tojo dengan sampel penelitian siswa kelas VII-1 Tojo. Subjek
penelitiannya terdiri atas 16 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa
perempuan. Materi yang dibahas adalah melakukan pasing atas pada
permainan bola voli. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar praktek pada tiap
akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil tes hasil akhir
belajar praktek siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang
tuntas 19 orang dari 33 siswa atau persentase ketuntasan belajar
klasikal 73,66%, aktivitas siswa 75% dalam kategori cukup dan
aktifitas guru 82,1% dalam kategori baik. Pada siklus II diperoleh
siswa yang tuntas 28 orang siswa dari 33 siswa atau persentase
ketuntasan klasikal 84,84%, aktivitas siswa 86% berada dalam
kategori baik dan aktifitas guru 85,7% dalam kategori baik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pemberian tugas dapat
meningkatkan kemampuan pasing atas dalam permainan bola voli
kelas VII-1 SMP Negeri I Tojo.
Kata Kunci: Pasing Atas, Metode Pemberian Tugas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to





Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.