MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI METODE PENDEKATAN BERMAIN DODGE BALL PADA SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 NALU TOLITOLI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri 1 Nalu, Tolitoli. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan desain Penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 1 Nalu Tolitoli. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa dengan perincian 15 siswa putra dan 11 perempuan. Hasil penelitian pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa 78.97 ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pendekataan bermain dodge ball dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas V B SD Negeri 1 Nalu Tolitoli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., (2002). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani: Jakarta: Yudistira
Riyatno.1996.Penilaian Ketuntasan di Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Sucipto, et al. (2000) Sepak Bola. Depdikbud Dirjen Pedidikan Dasar dan Menengah
Sukintaka (1992). Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes, Departemen pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.