https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA DI MTSN AL-IKHLAS KILO | Laumara | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA DI MTSN AL-IKHLAS KILO

Ikra Laumara, Humaedi Humaedi, Ikhwan Abduh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar tehadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa di MTSN Al-Ikhlas Kilo Kecamatan Poso Pesisir Utara. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu Expost Facto teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil bejaran pendidikan jasmani siswa dalam kategori tuntas, kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang, dan yang terakhir motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa (1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di MTSN Al-Ikhlas Kilo. (2).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di MTSN Al-Ikhlas Kilo. (3).Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di MTSN Al-Ikhlas Kilo.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek.   Jakarta: Rineka cipta.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Driyarkara. (1980). Driyarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Kanisius

Hamzah, B & Kuadrat, M. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:    Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.