PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA TAHUN II DAN TAHUN IV DI SKILLS LABORATORY PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Indah Puspasari Kiay Demak

Abstract


Background. Communication skills are one of important skills for medical students to master, as called anamnesis. Diagnose are mostly concluded by gaining patients information from anamnesis.

Objective. This research was conducted to analyze the difference of interpersonal communication skills between second year and fourth year medical students.

Method. It was a quantitative study with cross sectional approach. The subjects were second year and fourth year medical students, which were chosen by cluster random sampling. There were 2 groups each from second year and fourth year, as total 43 students. Interpersonal communication skills were measured by checklist from laboratory module. The differences of interpersonal communication skills between 2 groups were analyzed by Students’ t test.

Results. The result of Students’ t test was 0.464 (p value) with mean difference 1.196.

Conclusion. Fourth year students have better interpersonal communication skills score than second year, although the differences statistically insignificant.

 

Keywords: clinical skills, interpersonal communication skills, skills laboratory

 

Latar Belakang. Keterampilan komunikasi merupakan cikal bakal dari keterampilan anamnesis, yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran. Penegakan diagnosis sebagian besar berdasarkan informasi yang didapatkan dari hasil anamnesis kepada pasien

Tujuan. Mengetahui perbedaan nilai keterampilan komunikasi interpersonal pada mahasiswa tahun kedua dan tahun keempat Program Studi Kedokteran Untad.

Metode. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama dan kedua Prodi Kedokteran Untad Palu. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling. Peneliti menentukan 2 kelompok mahasiswa tahun kedua dan 2 kelompok mahasiswa tahun keempat sebanyak 43 orang. Instrumen yang digunakan Ceklis keterampilan klinik “komunikasi interpersonal. Perbandingan kemampuan keterampilan komunikasi interpersonal antara mahasiswa tahun kedua dan keempat Prodi Kedokteran Untad akan diukur menggunakan uji Students’ t test dengan bantuan aplikasi program SPSS.

Hasil. Nilai p yang didapatkan pada uji Students’ t perbedaan rata-rata nilai komunikasi interpersonal antara mahasiswa tahun kedua dan keempat adalah 0,463 dengan rerata (mean difference) sebesar 1,196.

Kesimpulan. Nilai keterampilan komunikasi interpersonal pada mahasiswa tahun keempat lebih baik daripada tahun kedua, walaupun secara perhitungan statistik perbedaan  tersebut tidak bermakna.

Kata kunci: keterampilan medik, komunikasi interpersonal, skills laboratory


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.