COMPARISON BETWEEN RECITATION METHOD AND NON RECITATION OF THE PRE PRACTICAL SESSION TEST (PPST) VALUE IN FACULTY OF MEDICINE ANDHEALTH SCIENCE, TADULAKO UNIVERSITY 2014
Abstract
Pendahuluan: Metode pembelaran resitasi adalah metode pembelajaran dengan cara dosen memberikan tugas kepada mahasiswa agar mahasiswa melakukan kegiatan belajar berdasarkan tugas tersebut dan tugas tersebut akhirnya akan dipertanggungjawabkan. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga harus dilakukan di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan agar dicapai hasil yang lebih maksimal.salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa adalah metode pembelajaran resitasi. Atas dasar tersebut maka penelitian ini sangat perlu untuk dilakukan agar dapat dipilih metode yang paling depat demi tercapainya hasil pembelajaran yang lebih maksimal.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment menggunakan desain eksperimen non equivalent (post test) control group desain secara kuantitatif untuk membandingkan metode pembelajaran resitasi dan non resitasi terhadap nilai Pre Practical Session Test (PPST) di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.
Hasil: Pada penelitian ini, diperoleh nilai probabilitas (0,520>0,05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis 1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan peningkatan nilai PPST mahasiswa dengan metode pembelajaran resitasi. Hal tersebut juga menunjukan bahwa nilai PPST kelompok resitasi dan nonresitasi tidak memiliki perbedaan rata-rata yang bermakna yaitu 2,51351 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran resitasi tidak mempengaruhi nilai PPST mahasiswa. Hal ini disebabkan karena hasil belajar dipengaruhi oleh interaksi faktor internal dan faktor eksternal sedangakan metode belajar termasuk dalam salah satu dari faktor eksternal.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disipulkan bahwa metode pembelajaran resitasi tidak dapat meningkatkan nilai PPST mahasiswa PSPD FKIK UNTAD angkatan 2012 yang berada pada blok 11 ( digestion and absorbsion)
Kata kunci : metode pembelajaran reistasi, nilai PPST, proses belajar, belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajarFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.