HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KATETER DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD UNDATA PALU

Diah Mutiarasari, Iis Imelda M.

Abstract


Data yang ditemukan dari rekam medis menunjukkan tidak adanya angka kejadian infeksi saluran kemih yang terjadi karena penggunaan kateter pada tahun 2012 di RSUD Undata berbeda dengan teori yang menyebutkan pasien pengguna kateter beresiko terkena infeksi saluran kemih. Sedangkan pasien yang membutuhkan pemasangan kateter cukup banyak yakni pasien post-operasi dan pasien stroke. 

Mengetahui hubungan antara lama penggunaan kateter dengan angka kejadian infeksi saluran kemih di RSUD Undata Palu.

Rancangan penelitian cross sectional, sampel berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 orang dengan lama penggunaan kateter ≤ 3 hari dan 17 orang dengan lama penggunaan kateter > 3 hari yang dirawat di RSUD Undata Palu pada 2 April sampai 18 Mei tahun 2013. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Variabel penelitian ini adalah lama penggunaan dan infeksi saluran kemih.

Dari hasil pengelolahan data chi square, menunjukkan bahwa p-value kurang dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara lama penggunaan kateter dengan infeksi saluran kemih pada pasien yang menggunakan kateter (p = 0,000).

Terdapat hubungan antara lama penggunaan kateter dengan kejadian infeksi saluran kemih (p = 0.000) dengan (α = 0.05).

Diharapkan agar keluarga dan petugas kesehatan dapat melakukan perawatan pada kateter yang sedang terpasang, serta mengganti kateter tiap 3 hari untuk mengurangi resiko infeksi saluran kemih.

Kata kunci : Lama penggunaan kateter dan infeksi saluran kemih, lama penggunaan kateter, infeksi saluran kemih, ISK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.