Implementasi Authentic Assesment dalam Pembelajaran Fisika untuk Menilai Kinerja Siswa

Syamsu Syamsu, Moh Dahlan Th Musa, Soleh Suadi, Joko Winarno

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan memperoleh penilaian hasil belajar fisika yang autentik, dan mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan authentic assesment dalam menilai kinerja siswa terhadap peningkatan minat, motivasi dan semangat dalam mempelajari mata pelajaran fisika pada setiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Palu yang mengikuti mata pelajaran tahun pelajaran 2005/2006 dengan jumlah 40 siswa yang terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi authentic assesment melalui model pembelajaran kooperatif dapat menilai hasil belajar fisika siswa yang autentik, dan meningkatkan minat, motivasi, dan semangat dalam mempelajari mata pelajaran fisika pada setiap siklus. Hal ini didukung hasil analisis yang menunjukkan adanya peningkatan kinerja siswa dari 69,59 (kategori baik) pada siklus I menjadi 77,05 (kategori baik) pada siklus II, adanya peningkatan hasil fisika siswa pada tes formatif siklus I yang mencapai 70,50 menjadi 74,03 pada siklus II, dan peningkatan hasil belajar fisika siswa berdasarkan portofolio pada siklus I dan II masing-masing sebesar 71,93 (kategori baik) dan sebesar 79,26 (kategori baik).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.