PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWASMAN 5 PALU MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN ASAM-BASA

Jumrah Jumrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan pola pendekatan pembelajaran kimia dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yang optimal. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keterampilan proses dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran konsep Asam dan Basa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu dan yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 (uji coba 1), berjumlah 35 siswa dan   kelas XI-IPA 2 (uji coba 2), berjumlah 37 siswa tahun ajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan; (1) Keterampilan proses siswa baik secara individu, kelompok, maupun klasikal, dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat baik, (2) Hasil belajar siswa baik secara individu, kelompok maupun klasikal dengan menggunakan keterampilan tipe STAD sangat baik, dan (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan proses belajar siswa yang berdampak pada peningkatan ketuntasan hasil belajarnya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.