https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Palu | Ekawati | Media Eksakta

Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Palu

Sri Ekawati, Haeruddin Haeruddin

Abstract


Guru fisika SMP Al-azhar Palu telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi rendahnya hasil belajar fisika baik dari segi metode sampai dengan penggunaan media belajar. Namun, upaya tersebut belum mampu memberikan hasil yang maksimal. Mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran sinektik berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain kelompok prates-pascates berpasangan (Matching Pratest-Posttest Control Group Design). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes hasil belajar fisika dan angket. Data pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan analisis statistik. Skor rata-rata hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen adalah 25,63 dan kelas kontrol 24,15 dari 34,00 skor maksimal yang harus dicapai. Dari hasil uji t diperoleh thit =3,81 berada di luar daerah penerimaan Ho. Dengan demikian, Ho ditolak pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 63. Dari hasil N-Gain rata-rata diperoleh 70,65% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dan N-Gain rata-rata, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Al-azhar Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.