KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEJARAH DENGAN PENDEKATAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA SMA DI KABUPATEN MOROWALI DAN BUOL

Abdurrahman A.Y.Rumi, Usman Appe

Abstract


Abstrak : Portofolio adalah model pembelajaran yang diterapkan seiring diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi sebagai kurikulum pendidikan yang berlaku secara Nasional. Pembelajaran dengan portofolio adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh aktivitas siswa, baik aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Penelitian tentang pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan portofolio pada SMA di Kabupaten Buol dan Morowali sudah terlaksana dengan baik dan berhasil mengubah cara belajar ketuntasan pembelajaran yang telah di tetapkan dalam silabus dapat tercapai.Hasil pengumpulan data terhadap guru dan siswa yang dipilih sebagai informan dengan teknik total sampling terhadap semua guru pendidikan jasmani pada SMA di Kabupaten Buol dan Morowalidan 215 siswa SMA secara random sampling dan dianalisis secara deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan penilaian portofolio pada SMA di Kabupaten Buol dan Morowalicukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Efesiensi dan efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan penilaian portofolio didukung oleh iklim sekolah yang kondusif, kepemimpinan kepala sekolah yang akomodatif, aspiratif, dan mempunyai keterbukaan serta ditunjang oleh guru yang profesional, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta dana pendidikan yang cukup tersedia.

 

Kata Kunci :

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.