MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Palu pada materi hubungan garis dan sudut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan yang mengacu pada model Miles dan Huberman Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan pemahaman siswa pada materi hubungan garis dan sudut di kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu.
Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Pemahaman, Hubungan Garis dan Sudut
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.