Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JOURNAL TEKNIK SIPIL DAN INFRASTRUKTUR?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL TEKNIK SIPIL INFRASTRUKTUR

Jurnal Teknik Sipil Infrastruktur Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tadulako menerima naskah/artikel ilmiah dari ilmuawan dan praktisi bidang Teknik sipil. Naskah/artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian, Studi kasus dan Kajian literatur yang belum pernah diterbitkan/dimuat pada Jurnal ilmiah lainnya. Jurnal Teknik Sipil Infrastruktur terbit dua kali dalam satu tahun, Bulan Juni dan Bulan Desember dengan Tujuh (7) artikel setiap terbitan. Pedoman penulisan artikel Jurnal Teknik Sipil Infrastruktur mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Naskah Artikel (Judul, Penulis, Abstrak, Abstract, Isi Artikel dan Lampiran): ditulis dengan jenis font Times New Roman 12 pt, dengan jarak paragraf 1.5 lines pada kertas berukuran A4 dengan batas margin kiri, atas dan bawah 3 cm, sedangkan batas margin kanan 2.5 cm, dan jumlah halaman artikel keseluruhan sebanyak 16–17 halaman.
  2. Judul Artikel:Judul artikel ditulis dengan huruf kapital dan di bawah judul artikel diberi terjemahannya dalam bahasa Inggris atau Indonesia.
  3. Nama Penulis Artikel: Nama penulis artikel tanpa gelar akademik. Institusi lengkap penulis dan alamat email dituliskan di bagian bawah nama penulis.
  4. Sistematika penulisan: Judul, Abstrak, Abstract, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih, Daftar pustaka serta Lampiran (jika ada).
  5. Abstrak: Abstrak ditulis dalam rentang 200- 250 kata berisi latar belakang, metode/cara dan hasil, ditulis dalam dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, jika naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, maka Abstrak Bahasa Inggris dituliskan terlebih dahulu dan sesudahnya abstrak berbahasa Indonesia, demikian sebaliknya.
  6. Tabel: Penulisan tabel diberi nomor urut langsung dengan judul tabel diletakkan di atas tabel (sumber tabel harap dicantumkan). Tabel harus dalam format yang dapat diedit, jika tidak penulis harus menyertakan file MS EXCEL-nya.
  7. Gambar (Grafik): Gambar (grafik) diberi nomor urut langsung. Judul gambar diletakkan di bawah gambar dan harus dicantumkan sumbernya. Grafik harus dalam format yang dapat diedit, jika tidak penulis harus menyertakan file MS EXCEL-nya.
  8. Persamaan/formula: Persamaan diberi nomor urut langsung. Persamaan yang mengambil dari sumber lain harus dicantumkan sumbernya (nama pengarang, sumber dan tahun penerbitan). Sumber ini juga dimasukkan ke dalam daftar pustaka.
  9. Daftar Pustaka: Penulisan daftar pustaka diurutkan sesuai abjad dan tahun penerbitan. Daftar pustaka hanya mencantumkan daftar pustaka yang dirujuk saja. Cara penulisan Daftar Pustaka:

Artikel ilmiah: Nama penulis, (tahun), “Judul artikel”, nama jurnal/periodical, Institusi penerbit, Edisi/volume, Halaman.

Buku: Nama penulis, (tahun), Judul buku, edisi, penerbit, kota, jumlah halaman total.

11. Semua istilah atau kata-kata asing yang tidak diterjemahkan, dengan alasan kemudahan pemahaman, harus ditulis dengan huruf miring.

  1. Dalam mengutip dipakai sistem nama penulis dan tahun. Contoh: Suyono (1997); Raswari (1997); Praminto et al. (1996) untuk penulis lebih dari dua orang
  2. Redaksi berhak melakukan editing, tanpa mengurangi maksud dan tujuan artikel
  3. Naskah artikel dan soft-copynya dapat dikirim ke alamat Redaksi Jurnal Infrastruktur Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Universitas Tadulako : Kampus Bumi Tadulako Tondo Fakultas Teknik Ruang Jurusan Teknik Sipil Universitas Tadulako, Palu Sulawesi Tengah, 94118.
Hasil evaluasi Redaksi akan dikirim kembali ke penulis utama untuk diperbaiki sesuai hasil koreksi dari redaksi Jurnal Teknik Sipil Infrastruktur Jurusan Teknik Sipil Universitas Tadulako, Palu.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.