PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANAWA

Nurmah Nurmah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tentang Biologi di kelas VIII SMP Negeri 6 Banawa. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan tatap muka dan satu kali pertemuan tes akhir siklus. Subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan data kuantitatif menggunakan rumus ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Indikator keberhasilan data kualitatif jika aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada setiap pelaksanaan pembelajaran. Siklus I pertemuan pertemuan 1 dengan hasil 68,40% dan pertemuan 2 menjadi 71,35%. Sedangkan aktivitas guru 89,28% dengan kategori baik pada pertemuan1 dan  92,85% pada pertemuan 2 dengan kategori sangat baik. Pada siklus II akivitas siswa pertemuan 1,  71,88% dan pada pertemuan 2, 74,65% dan aktivitas guru dari 92,85% kategori sangat baik pertemuan 1 dan 96,42% pada pertemuan 2 juga berada pada kategori sangat baik. Hasil tes belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal 70,83%, daya serap klasikal 71%. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%, daya serap klasikal 77%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.