https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
KUALITAS DIAGRAM BENDA BEBAS BUATAN SISWA DALAM PHYSICS PROBLEM SOLVING | Nurhayani | JSTT

KUALITAS DIAGRAM BENDA BEBAS BUATAN SISWA DALAM PHYSICS PROBLEM SOLVING

Nurhayani Nurhayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis  kualitas diagram yang dibuat oleh siswa dalam physics problem solving. Responden penelitian adalah dua belas siswa terpilih yang terdiri dari Kelas X dan Kelas XI SMA Negeri di Poso Kota yang telah mendapatkan konsep dinamika partikel. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes soal essay untuk menyeleksi responden dan tes untuk menganalisis kualitas FBD buatan siswa dan panduan wawancara. Pengambilan data untuk kemampuan problem solving dan kemampuan menyusun representasi dalam bentuk diagram dilakukan dengan kegiatan thinking-aloud, yaitu responden mengerjakan soal dengan menulis pada lembar jawaban sambil mengungkapkan hal-hal yang berhubungan dengan apa yang ditulis. Kegiatan itu direkam dengan handycam. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data pendukung dalam mengnalisis data hasil thinking-aloud. Free body diagram buatan siswa dalam physics problem solving dikelompokan menjadi tiga kategori yaitu kategori tidak lengkap, kategori kurang lengkap dan kategori cukup lengkap. Responden yang membuat diagram dengan mengidentifikasi variabel-variabel yang bekerja pada sistem secara lengkap dapat menyelesaikan soal secara benar dan siswa yang membuat diagram dengan tidak mengidentifikasi variabel-variabel gaya secara lengkap tidak mendapatkan solusi yang tepat dalam menyelesaikan soal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.