https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Metode Latihan Berstruktur Pada Pembelajaran Materi Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Salumpaga Kabupaten Tolitoli | Mohammad | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Metode Latihan Berstruktur Pada Pembelajaran Materi Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Salumpaga Kabupaten Tolitoli

Fachry Erick Mohammad, Baharuddin Paloloang, Sukayasa Sukayasa

Abstract


Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Salumpaga Kabupaten Tolitoli dalam hal memahmi materi persegi panjang. Ada beberpa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa tentang materi tersebut, salah satu diantaranya adalah pendekatan pembelajaran yang selama ini digunakan berpusat pada guru. Pola pembelajaran yang seperti ini menyebabkan siswa hanya sebagai objek dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu siswa lebih sering berperan sebagai pendengar sehingga  pembelajaran kurang menarik minat siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi persegi panjang melalui penerapan metode latihan berstruktur di kelas IV SDN 1 Salumpaga dengan demikian hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Salumpaga yang terdiri dari 31 orang siswa dapat meningkat. Analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang terdiri topik materi persegi panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Salumpaga pada materi persegi panjang dapat ditingkatkan melalui penerapan metode latihan berstruktur. Hal ini dapat dilihat pada lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II berada dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan hasil tes siklus I siswa tuntas sebanyak 22 orang dari 26 orang. Dengan ketuntasan klasikal 69,7%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 27 orang dari 27 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi persegi panjang di kelas IV SDN 1 Salumpaga Kabupaten Tolitoli.

Kata Kunci : Penerapan Metode Latihan Berstruktur, Hasil Belajar, Persegi Panjang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung