Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuan dalam pembelajaran sistem pencernaan melalui penerapan metode discovery learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Labuan yang berjumlah 21 orang, yakni terdiri atas 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan desain setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu menyusun rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari pengamatan selama pelaksanaan tindakan dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran sistem pencernaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami proses kerja organ-organ pencernaan pada manusia serta gangguan yang terdapat pada sistem pencernaan. Hal ini ditandai dengan antusias siswa dalam memecahkan masalah sehingga diperoleh daya serap klasikal pada siklus I sebesar 75,05% sedangkan pada siklus II sebesar 85,71%. Hasil tersebut memberikan dampak positif terhadap kegiatan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Discovery Learning, dan Sistem Pencernaan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung