Upaya Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas III SDN Bakalan
Abstract
Rumusan masalah adalah bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya siswa kelas III SDNBakalan melalui metode latihan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya siswa Kelas III SDN Bakalan melalui metode latihan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik observasi. Analisis data dilakukan melalui data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bakalan yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 11 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 55 persen. Pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas 19 orang, presentase ketuntasan klasikal 90 persen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode latihan dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam membuat kalimat tanya
Kata Kunci: Kemampuan, Kalimat Tanya dan Metode Latihan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung