Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Dengan Panduan Kerja Terstruktur Bagi Siswa Kelas VI SDK Sakina Jaya

Nurafni Nurafni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dengan panduan kerja terstruktur sebagai sumber belajar siswa kelas VI SDK Sakinah Jaya. Penelitian ini di llakukan selama 2 siklus.Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refeksi engan pokok bahasan Gaya dan Gerak Benda.  Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi guru  dan siswa serta tes hasil belajar siswa.  Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDK Sakinah Jaya dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 80,28% dan pada siklus II sebesar 97,11 %.  Presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,27% dan pada siklus II sebesar 97,72%.  Hasil belajar pada silklus I, siswa yang tuntas individu berjumlah 7 orang, sedangkan yang tidak tuntas 5 orang dengan presentase belajar klasikal 58,33% dan daya serap kasikal 67,50%.  Hasil belajar pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang tuntas 11 orang, sedangkan yang tidak tuntas 1 orang dengan presentase belajar klasikal 91,66% dan daya serap klasikal 94,26%.  Presentase peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II sebesar 16,83%.  Aktivitas siswa meningkat sebesar 20,45%. Presentase ketuntasan klasikal meningkat sebesar 33,33%, dan daya serap klasikal meningkat sebesar 20,66%.

Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Gaya dan Gerak Benda.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung